Penjabat Sekdaprov Minta Dinkes Lakukan Skrining Dua Kali Sebulan

Foto bersama Penjabat Sekretaris Daerah Syukri Botutihe (tengah) dengan Kepala Dinas Kesehatan dr. Anang S. Otoluwa, Direktur Jenderal P2P Kemenkes RI, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota usai pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) tahun 2023, di Hotel Aston, Selasa (30/05/2023). (Foto: Winda)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Sekretaris Daerah Syukri Botutihe minta dinas kesehatan lakukan skrining dua kali dalam sebulan di masing-masing puskesmas yang ada di Provinsi Gorontalo.

Permintaan tersebut disampaikan Syukri saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, di Hotel Aston, Selasa (30/05/2023).

“Jadi gerakan di lapangan itu yang paling penting. Kalau perlu sebulan dua kali cek-cek di puskesmas atau skrining. Lakukan skrining walaupun ada kendala seperti ada orang yang tidak mau mengaku punya penyakit menular,” ungkap Syukri.

Syukri menjelaskan skrining kesehatan merupakan upaya deteksi dini dan pencegahan penyebaran penyakit. Terlebih penyakit menular yang sudah dianggap aib bagi keluarga dan orang sekitarnya.

“Kita tinggal mencari cara supaya bagaimana mindset seperti itu hilang. Tapi, tergantung kita memberikan pembinaan kepada masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, untuk melakukan Pengecekan dan Pengendalian Penyakit khususnya penyakit yang menular, Syukri mengimbau seluruh Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas yang ada di tiap Kabupaten dan Kota untuk bergerak lebih aktif. Hal ini disebabkan karena Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota menjadi garda terdepan dalam memahami kondisi yang ada di masyarakat.

“Nah, kalau saya cermati betul, teman-teman yang terdepan ini harus lebih aktif, yaitu para Kepala Dinas dan Kepala Puskesmas Kabupaten dan Kota. Karena itu yang berhadapan langsung dengan masyarakat,” tandasnya.

 

Pewarta: Winda

Editor: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI