Evaluasi SPBE Diharapkan Mampu Tingkatkan Pelayanan Publik

Sejumlah perwakilan OPD lingkup Pemprov Gorontalo hadir dalam rapat koordinasi penilaian evaluasi SPBE tahun 2023, Kamis (25/5/2023), di ruang Poboide Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo. (Foto : Vira)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 Provinsi Gorontalo yang akan dilakukan beberapa waktu kedepan diharapkan bisa meningkatkan pelayanan instansi pemerintah kepada masyarakat.

Harapan tersebut diungkapkan Ugi Cahyo Setiono , Analis Kebijakan Madya, Asdep SPBE Kementerian PANRB, dalam rapat koordinasi terkait persiapan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 Provinsi Gorontalo, Kamis (25/5/2023), di ruang Poboide Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo.

“Harapan kita penerapan hasil evaluasi ini bukan sekedar formalitas. Kita melihat bagaimana proses evaluasi,kemudian proses indeks SPBE itu meningkat, kita harapkan pelayanan kepada masyarakat yang diberikan oleh pegawai di instansi juga meningkat,” kata Ugi.

Ugi menjelaskan, dari hasil evaluasi ini nantinya akan ada rekomendasi, apa-apa yang perlu ditingkatkan. Ia menyebut bahwa instansi tak perlu takut dengan adanya evaluasi.

“Instansi jangan takut dilakukan evaluasi, karena dengan evaluasi itu bisa melihat bagaimana proses penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang diterapkan di instansinya,” jelas Analis Kebijakan Madya, Asdep SPBE Kementerian PANR ini.

Dalam 2 tahun terakhir, kondisi Indeks SPBE Provinsi Gorontalo berada dalam penilaian CUKUP, dengan skor 2,51 dan 2,48. Sementara pada tahun 2019, nilai indeks SPBE Provinsi Gorontalo berada pada nilai BAIK dengan skor angka di 3.51.

Penilaian ini untuk melihat penerapan SPBE yang memang memiliki beberapa unsur termasuk dari kebijakan, tata kelolanya, proses penerapan manajemen dan auditnya, dan layanan-layanan yang dilakukan oleh instansi pemerintah dalam upaya memberikan layanan kepada pengguna baik internal maupun  publik/masyarakat.

Pewarta : Anie

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI