Peringatan Hari OTDA 2023, Penjagub Hamka Harapkan PAD Gorontalo Meningkat

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer bersalaman dengan (kanan) bersalaman dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada puncak peringatan Hari Otda ke XXVII, di Kota Makassar, Sabtu (29/4/2023). (Foto: NOVA – KOMINFOTIK)

Makassar, Kominfotik – Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) tahun 2023 diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan memaksimalkan potensi-potensi sumber daya yang dimiliki.

Hal tersebut dikatakan Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer usai menghadiri puncak peringatan Hari Otda ke XXVII di Anjungan Losari Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4/2023).

“Ini menjadi tantangan kita di Provinsi Gorontalo untuk menjadi kreatif, dan bisa mengeksplorasi berbagai kemungkinan, berbagai peluang agar bisa meningkatkan PAD di daerah, itu yg paling penting. Sehingga kita tidak hanya bergantung pada pemerintah pusat,” ucap Penjagub Hamka.

Harapan ini juga sejalan dengan arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Mendagri berpesan agar peringatan hari otonomi daerah dijadikan sebagai momentum untuk melakukan introspeksi agar menjadi daerah kuat secara fiskal.

Daerah yang mampu dan kuat secara fiskal, kata Mendagri ditandai dengan adanya PAD yang besar sehingga setiap daerah mampu membiayai daerahnya sendiri tanpa harus bergantung kepada pemerintah pusat.

“Oleh sebab itu memang refleksi dari otonomi daerah ini bukan sekedar antar kewenangan pusat dan daerah, tapi lebih ke bagaimana bisa kemandirian daerah, kemandirian fiskal dan ini menjadi tantangan untuk kita,” tutup Hamka.

 

Pewarta: Nova

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI