Lima Hal Dukungan Penjagub Gorontalo Pada Musrenbang Regional Sulawesi 

Deklarasi Kepala Daerah se-Sulawesi dalam rangka mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Sulawesi yang dilaksanakan di Ballroom The Sentra Hotel Manado, Kamis (27/4/2023). Foto – Alfred

Sulawesi Utara, Kominfotik – Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, menyampaikan lima hal utama yang menjadi dukungan Provinsi Gorontalo pada arah pembangunan di wilayah Sulawesi di tahun 2024. Hal ini disampaikan Penjagub saat memaparkan materi pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Sulawesi yang dilaksanakan di Ballroom The Sentra Hotel Manado, Kamis (27/4/2023).

Lima dukungan tersebut yang pertama adalah pembangunan infrastruktur berbasis komoditi unggulan masing – masing provinsi. Kedua, mengembangkan energi panas bumi (Geotermal). Ketiga, pembangunan jaringan kereta api Sulawesi di masing-masing wilayah Sulawesi. Keempat pengembangan potensi pertambangan dan mineral dan terakhir memainkan peran yang lebih optimal dari pulau Sulawesi, untuk mendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“Di Provinsi Gorontalo sendiri RKPD kami di tahun 2024 mengambil tema peningkatan produktivitas ekonomi yang berwawasan lingkungan, didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas, infrastruktur dasar dan strategis, serta stabilitas keamanan dan ketertiban daerah,” kata Hamka.

Sementara untuk usulan program prioritas kebersamaan Sulawesi – Gorontalo, Hamka menyampaikan beberapa hal utama yang masuk dalam tiga bidang yaitu bidang fisik prasarana, bidang ekonomi dan bidang sosial budaya.

Dalam bidang fisik prasarana dukungan yang diharapkan diantaranya dalam hal peningkatan sarana prasarana bandara udara Djalaluddin dan pembangunan bandara Pohuwato, peningkatan jalan lintas Sulawesi, pembangunan GORR segmen tiga, lanjutan pembangunan Waduk Bulango Ulu serta lanjutan revitalisasi danau Limboto.

Selanjutnya, di bidang ekonomi untuk pengembangan Teluk Tomini, pengembangan ekonomi khusus (KEK) Gopandang dan kawasan strategis provinsi lainnya, pengembangan jalur pariwisata Sulawesi, serta percepatan penetapan RTRW Provinsi Gorontalo sebagai bagian dari RTRW Pulau Sulawesi.

“Dalam bidang sosial budaya mohon dukungan untuk pengembangan rumah sakit provinsi, serta kami harapkan kerjasama pengembangan SDM melalui kerjasama antar perguruan tinggi,” paparnya.

Tak lupa staf Ahli Kemenpora ini juga memaparkan potensi yang dimiliki Provinsi Gorontalo saat ini yaitu ada pertanian dalam hal ini jagung, perikanan, peternakan (sapi), pertambangan energi, perkebunan (kelapa) serta pariwisata.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Regional Sulawesi tahun 2023 ini mengusung tema “Memacu Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusif di Wilayah Sulawesi Untuk Mendukung IKN, yang diikuti enam provinsi di Sulawesi, yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo.

Pewarta : Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI