DPRD Boalemo Konsultasi ke Diskominfotik Terkait Pemerintahan Berbasis TIK

Kadis Kominfotik Provinsi Gorontalo Rifli M.Katili (kiri), menerima kunjungan Komisi I DPRD Kabupaten Boalemo di ruang kerjanya, Rabu (5/4/2023). (Foto : Anie)

Bone Bolango, Diskominfotik – Komisi I DPRD Kabupaten Boalemo melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo, Rabu (5/3/2023). Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, Rifli M. Katili.

Kunjungan ini terkait konsultasi dan koordinasi ranperda penyelenggaraan pemerintah berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang sementara dibahas DPRD Boalemo.

RIfli dalam kesempatan tersebut memaparkan berbagai aturan-aturan yang menjadi dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis Teknologi..

“Kami punya peraturan daerah dan sejumlah regulasi turunannya yang mengatur serta mendukung dalam penyelenggaraan pemerintahan yang menggunakan basis teknologi atau elektronik. Itu jadi acuan kami, seperti Perda tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, atau Perda mengenai Tata Kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Provinsi Gorontalo,” jelas Rifli.

Menurut Rifli, dari Perda dan regulasi turunannya terkait penyelenggaraan pemerintah berbasis teknologi informasi yang ada di provinsi, bisa dipelajari atau ditiru untuk bisa diterapkan di Pemkab Boalemo.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Boalemo sekaligus ketua Banleg Harijanto Mamangkey, menjelaskan kunjungan ini terkait ranperda penyelenggaraan pemerintah berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang sedang dibahas di tingkat komisi DPRD Kabupaten Boalemo.

“Ranperda ini merupakan satu dari tiga ranperda usulan inisiatif kepala daerah yang sudah masuk pada program perda kabupaten Boalemo tahun 2023,” ucap Harijanto.

Ia menambahkan, total ranperda yang telah terakomodir dalam program ranperda 2023 sebanyak 11 ranperda, dan ranperda tentang ini menjadi prioritas.

“Khusus ranperda penyelenggaraan pemerintah berbasis teknologi informasi dan komunikasi, merupakan prioritas pertama dalam program perda kabupaten Boalemo tahun 2023,” ungkap Harijanto

Harijanto berharap hasil konsultasi dan koordinasi ini memberikan banyak masukan sehingga ranperda yang sementara dibahas di tigkat komisi tidak akan bertentangan dengan perda Provinsi Gorontalo, khusunya Perda nomor 3 tahun 2016 dan juga peraturan perundangan-undangan terkait, termasuk Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik

Komisi I DPRD Boalemo yang hadir dalam kunjungan tersebut yaitu Ketua Komisi I Santi A. Jalite, Karyawan Eka Putra Noho, Yeni Manoppo, Supartini A. Kembuan, Abdul Rahman Genti, dan Saripa A. Laiya. Selain itu Komisi I juga didampingi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Boalemo.

Pewarta : Anie

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI