KKMD Serahkan Laporan Pelaksanaan Program ke Penjagub Gorontalo

Ketua KKMD Gorontalo, Hoerudin, menyerahkan laporan pelaksanaan program tahun 2022 kepada Penjagub Hamka Hendra Noer, di aula rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, Jumat (10/3/2023). (Foto : Haris)

KOTA GORONTALO, Diskominfotik – Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) menyerahkan laporan pelaksanaan program tahun 2022 kepada Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer. Laporan diserahkan di sela-sela pengukuhan Forum DAS Gorontalo periode 2023-2028 di aula rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, Jumat (10/3/2023).

“Penyerahan laporan ini merupakan amanah pembentukan KKMD Provinsi Gorontalo. Kita punya kewajiban menyampaikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2022,” kata Ketua KKMD Provinsi Gorontalo, Hoerudin.

Hoerudin menjelaskan, laporan berisi potensi, permasalahan, termasuk kegiatan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang berada di kawasan daerah mangrove. Terkait program yang dilaksanakan tahun 2022, KKMD telah melakukan rehabilitasi sejumlah hutan mangrove dengan melibatkan berbagai pihak.

“Kita bekerja sama dengan TNI, Polri, LSM, organisasi kemahasiswaan, dan masyarakat untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan mangrove,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Penjagub Hamka Hendra Noer, mendorong KKMD untuk terus merumuskan dan melaksanakan program kegiatan untuk pelestarian mangrove dan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya. Menurutnya, pelibatan masyarakat sangat penting untuk menjamin mangrove terawat dan terpelihara dengan baik.

“Lakukan terus program rehabilitasi mangrove utamanya di lokasi yang sudah mengalami kerusakan. Libatkan masyarakat karena ini untuk kepentingan anak cucu kita ke depan,” kata Hamka.

Berdasarkan data KKMD, secara keseluruhan mangrove di Gorontalo saat ini seluas kurang lebih 8.800 hektar. Sementara luas kawasan potensial pengembangan mangrove mencapai 13 ribu hektar, baik yang berada di dalam maupun luar kawasan hutan.

Pewarta : Sella/Winda/Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI