Kepala Sekolah Tanggapi Positif Bimtek Pemanfaatan TTE

Kepala sekolah SMKN 2 Paguyaman Kabupaten Boalemo mencoba menandatangani sebuah berkas surat dengan menggunakan Tanda Tangan Elektronik melalui handphone, saat mengikuti kegiatan Sosialisasi Sertifikat Elektronik dan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik untuk Kepala Sekolah SMA/SMK se Provinsi Gorontalo, di aula SMKN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Rabu (15/2/2023). (Foto : Anie)

Limboto, Diskominfotik – Bimbingan teknis (bimtek) pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo mendapat sambutan positif dari para kepala sekolah SMA/SMK yang mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala-kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Boalemo, yang juga merupakan kepala sekolah SMKN 1 Boalemo Abdul Azis Djakatara, mengatakan menyambut baik kegiatan ini karena sebagai inovasi yang membantu dalam proses digitalisasi sekolah.

” Ini adalah satu bentuk terobosan, inovasi dari Kominfo yang bisa diaplikasikan di sekolah, karena akan membantu proses penatausahaan, semakin cepat, dan seiring dengan program digitalisasi sekolah, ini sangat bermanfaat untuk program ke depan kami sebagai paperless school atau sekolah tanpa kertas,” urai Azis saat diwawancara usai mengikuti kegiatan Sosialisasi Sertifikat Elektronik dan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik untuk Kepala Sekolah SMA/SMK se Provinsi Gorontalo, di aula SMKN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Rabu (15/2/2023).

Ia melanjutkan, adanya TTE ini akan memberikan keuntungan dari segi efisiensi waktu, pendokumentasian yang cukup akurat, dan mengurangi penyalahgunaan tanda tangan kepala sekolah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMAN 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo Ambo Masse Pidde, mengatakan bimtek penggunaan TTE ini sangat diperlukan dalam rangka efektifitas suatu pekerjaan.

“Kita tidak harus menunggu seperti surat surat manual seperti dulu, dengan adanya TTE ini akan membawa peningkatan kinerja dengan efektifitas kerja di satuan pendidikan masing-masing,” kata Ambo.

Seorang petugas dari Diskominfotik membantu operator dalam bimtek TTE. (Foto : Anie)

diakui oleh Ambo, Ini nantinya akan membantu dalam proses pengolahan administrasi persuratan, akan lebih efektif di tingkat sekolah.

“Kami contohkan kepala sekolah atau admin tidak ada di sekolah, atau ada penugasan luar, ini akan sangat bermanfaat bagi kami di sekolah dalam rangka penerapan TTE ini,”ungkapnya.

Hari kedua pelaksanaan Sosialisasi dan Bimtek Tanda Tangan Elektronik diikuti oleh kepala sekolah SMA/SMK dan operator pendamping dari wilayah Kabupaten Boalemo dan Pohuwato.

Bimtek diisi oleh tiga narasumber yaitu Sandiman Provinsi Gorontalo Suharto M. Suma, Pranata Komputer Ahli Muda Fitri Kamaru, dan Plt Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan ASN Firto Nento.

Materi yang diberikan seperti pengunaan Tanda Tangan Elektronik dalam kepegawaian, penerapan sertifikat elektronik dalam pengamanan informasi pemerintah daerah, dan praktek menggunakan tanda tangan elektronik.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 14-16 Februari 2023 dengan tiga pembagian lokasi yaitu di SMAN 1 Limboto, SMKN 1 Limboto, dan SMAN 1 Kota Gorontalo.

Pewarta : Anie

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI