Diskominfotik Dukung Penggunaan TTE Kepala Sekolah SMA/SMK 

Kepala Bidang IKP Zakiya Baserewan (tengah), memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Sertifikat Elektronik dan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik untuk Kepala Sekolah SMA/SMK se Provinsi Gorontalo, di aula SMAN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Selasa (14/2/2023). Foto – Mila

Limboto, Diskominfotik – Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo memberikan dukungan kepala sekolah SMA/SMK se Provinsi Gorontalo dalam penggunaan Tanda Tangan Elektronik.

Dukungan ini diberikan melalui bimbingan teknis (bimtek) yang diberikan kepada kepala sekolah SMA/SMK dan juga operator pendamping dalam kegiatan Sosialisasi Sertifikat Elektronik dan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik untuk Kepala Sekolah SMA/SMK se Provinsi Gorontalo, di aula SMAN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Selasa (14/2/2023).

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik (IKP) Zakiya Baserewan, mengatakan sejalan dengan semakin banyaknya informasi yang disajikan pemerintah sebagai bagian dari pelayanan, semakin besar pula tantangan terhadap keamanan informasi.

“Keamanan informasi menyangkut kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity), dan ketersediaan (availability) serta nir penyangkalan,” jelas Zakiya saat membuka kegiatan.

Ia mengungkapkan, untuk mencegah segala ancaman terhadap keamanan informasi, salah satunya adalah dengan penggunaan sertifikat elektronik pada penandatanganan dokumen, naskah dinas dan kebutuhan birokrasi lainnya.

“Beberapa keuntungan ketika menggunakan tanda tangan elektronik yang bersertifikat adalah efisien, efektif, aman, memiliki kekuatan hukum sama dan sah selayaknya tanda tangan manual,” tambah Kabid IKP.

Suharto M.Suma, salah seorang narasumber memberikan materi dalam kegiatan Sosialisasi Sertifikat Elektronik dan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik untuk Kepala Sekolah SMA/SMK se Provinsi Gorontalo

Diskominfotik telah menerbitkan 100 sertifikat elektronik dari target 126 sertifikat elektronik kepala sekolah. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari penerbitan sertifikat elektronik untuk Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan Pejabat yang Berwenang (PyB).

Bimtek diisi oleh tiga narasumber yaitu Sandiman Provinsi Gorontalo Suharto M. Suma, Pranata Komputer Ahli Muda Fitri Kamaru, dan Plt Kabid Pembinaan dan Sekretatis Korpri BKD Firto Nento.

Materi yang diberikan seperti pengunaan Tanda Tangan Elektronik dalam kepegawaian, penerapan sertifikat elektronik dalam pengamanan informasi pemerintah daerah, dan praktek menggunakan tanda tangan elektronik.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 14-16 Februari 2023 dengan tiga pembagian lokasi yaitu di SMAN 1 Limboto untuk kepala sekolah Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara, SMKN 1 Limboto untuk kepala sekolah di Kabupaten Pohuwato dan Boalemo dan SMAN 1 Kota Gorontalo untuk kepala sekolah di wilayah Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

Pewarta : Anie

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI