Penjabat Sekdaprov Gorontalo Hadiri Rakernas Pemerintahan Desa

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Syukri Botutihe mengikuti rapat koordinasi nasional pemerintahan desa melalui zoom meet di ruang Oval Kantor Gubernuran, selasa (14/2/2023). (Foto: Nova-Kominfotik)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi (Penjabat Sekdaprov) Gorontalo Sukri Botutihe beserta Kepala Dinas Dukcapil dan PMD Slamet Bakri menghadiri rapat koordinasi nasional pemerintahan desa melalui zoom meet di ruang Oval Kantor Gubernuran, selasa (14/2/2023).

Rakernas untuk mengevaluasi sembilan tahun UU Desa dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri Eko Prasetyanto Purnomo. Diikuti oleh para kepala dinas PMD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Eko Prasetyanto mengatakan melalui rakornas diharapkan implementasi UU No 6 tahun 2014 bisa lebih baik. Perlu ada sinergitas antara pusat, daerah dan desa untuk melihat sejauh mana regulasi tersebut berjalan.

Sementara itu, Kadis Dukcapil dan PMD Slamet Bakri menilai UU Desa sudah berjalan baik. Terlebih dengan adanya Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang perkembangan desa yang dievaluasi secara berjenjang.

“Kami menindaklanjuti evaluasi desa dengan mendorong desa-desa yang berpotensi menjadi juara di tingkat provinsi untuk mengikuti evaluasi desa. Terutama bagi desa-desa yang memiliki potensi seperti desa-desa wisata atau yang mempunyai keunggulan tersendiri,” kata Slamet saat diwawancarai.

Ia berharap semakin banyak inovasi desa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Pemerintah desa diharapkan bisa menggerakkan semangat kemandirian dan produktivitas warga melalui produk produk desa, pariwisata dan potensi lainnya.

 

Pewarta: Sella/Nova

Editor: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI