Bertemu Wagub Emil Dardak, Penjagub Perkuat Kerjasama Gorontalo – Jawa Timur

 

Penjagub Gorontalo dan Wagub Jawa Timur, didampingi OPD masing-masing, pada penandatanganan kerjasama antara Pemprov Jatim dan Pemprov Gorontalo di Ruang Bhinaloka, Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 KotaSurabaya, Rabu (14/12/2022). Foto – Zakir BPG

Jawa Timur, Kominfotik – Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer didampingi Penjabat Sekdaprov dan pimpinan OPD terkait, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur. Kunjungan Hamka disambut langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, di Ruang Bhinaloka, Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 KotaSurabaya, Rabu (14/12/2022).

“Niatan kunjungan silaturahmi ini sudah lama ingin kami laksanakan, namun baru terealisasi sekarang. Ini untuk menjalin sinergi dan memperkuat persahabatan yang erat. Apalagi pada Maret 2022 yang lalu, Ibu Gubernur Jatim telah melaksanakan misi dagang Jatim di Provinsi Gorontalo. Jadi ini menjadi salah satu tindak lanjut dari kerjasama tersebut,” kata Hamka

Dalam mesempatan ini Pemprov Jatim dan Pemprov Gorontalo telah mengembangkan kerja sama di bidang perhubungan. Di mana hal tersebut telah dibahas oleh kedua daerah pada hari Senin tanggal 12 Desember 2022. Ruang lingkup kerjasama tersebut meliputi fasilitasi konektivitas pelabuhan laut di Provinsi Gorontalo dengan pelabuhan laut di Provinsi Jatim untuk angkutan antar pulau.

Kemudian pengembangan SDM di bidang perhubungan, pengembangan sistem penyelenggaraan angkutan umum perkotaan dan penyelenggaraan tipe B. Digitalisasi layanan publik serta pertukaran data dan informsi bidang perhubungan. Serta fasilitasi dan koordinasi terkait optimalisasi layanan perhubungan udara.

“Ada juga di bidang peningkatan pelayanan manajemen kepegawaian, melalui sistem informasi manajemen ASN integrasi dan “Assesment Center”. Ini sebagai penilaian serta pengukuran kompetensi ASN dan di bidang pengembangan kompetensi sumber daya manusia,” jelasnya

Sebelum ada kerja sama ini, ditambahkan Hamka, sudah banyak hasil produk pertanian dari Gorontalo yang masuk ke Pulau Jawa melalui Surabaya, baik untuk tujuan ekspor maupun kebutuhan domestik. Contohnya seperti jagung yang masuk sudah sekitar 14.240, 82 ton, pepes blues 20.0702 ton dan kelapa parut 8548 ton. Ada pula santan kelapa 271 ton, tepung kelapa 50 ton, serta air kelapa sebesar 25 ton, yang semuanya masuk melalui pelabuhan Surabaya.

“Mudah-mudahan kunjungan ini ada berkahnya dan mohon kami diberikan ruang yang sebesar – besarnya. Mohon doanya agar ini terus berlanjut dan mungkin di bidang-bidang lain yang bisa menjadi acuan kami dari Pemda Jawa Timur sehingga Provinsi Gorontalo juga bisa,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Wagub Emil juga menyambut baik kunjungan kerja Penjagub Hanka dan rombongan. Ia berharap, hubungan antar Gorontalo dan Jatim ini dapat terus diperkuat melalui hubungan kerjasama antar dua provinsi.

Sebagai informasi, pada tanggal 31 Maret 2022 telah diadakan Nota Kesepakatan Bersama yang telah ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur dan Gubernur Gorontalo yang diikuti oleh penandatanganan Perjanjian Kerja Sama 10 (sepuluh) OPD. Hal itu dilaksanakan dalam acara misi dagang Provinsi Jatim di Provinsi Gorontalo.

Kunjungan Hamka di Jawa Timur di akhiri dengan menyambangi asrama mahasiwa Gorontalo di Malang.

Pewarta : Zakir

Editor : Echin

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI