Antisipasi Gelombang ke-3 Covid-19, Gubernur Gorontalo Cek Ketersediaan Tabung Oksigen

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengecek ketersediaan tabung oksigen di SAMATOR PT Aneka Gas Industri Tbk (AGI) di Desa haya-haya, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Rabu (22/12/2021). Pengecekan ini didampingi langsung oleh Kepala SAMATOR PT AGI Cabang Gorontalo Destavana Brahmanto dan Forkopimda Gorontalo. (Foto – Adit)

Kabupaten Gorontalo, Kominfotik – Guna mengantisipasi kemungkinan terburuk masuknya gelombang ke-3 Covid-19 ke Provinsi Gorontalo, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengecek ketersediaan tabung oksigen di SAMATOR PT Aneka Gas Industri Tbk (AGI) di Desa haya-haya, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Rabu (22/12/2021). Pengecekan ini didampingi langsung oleh Kepala SAMATOR PT AGI Cabang Gorontalo Destavana Brahmanto.

Destavana Brahmanto menyampaikan untuk kesiapan stok tabung oksigen dalam rangka menghadapi gelombang ketiga atau masuknya varian baru omicron, dari SAMATOR sendiri memastikan ketersediaan stok tabung oksigen mencukupi. Hal tersebut berdasarkan pengalaman bulan Agustus ketika masuknya varian delta, saat ini pihaknya mengaku lebih siap untuk mensupport semua rumah sakit yang berada di Gorontalo.

“Sebagai laporan pak gubernur, ketersediaan tabung oksigen kami rasa cukup ketika nanti bila saja akan terjadi gelombang ke-3 covid-19 atau menghadapi varian omicron. Di bulan Agustus yang lalu saja kita berhasil mensuplay kurang lebih 16.257 botol untuk kebutuhan rumah sakit. Untuk sekarang kalau kita hitung-hitung stoknya cukup bahkan sampai Maret 2022 mendatang,” kata Destavana

Gubernur Rusli merasa sangat puas dengan jawaban ini. Ia merasa ketersedian tabung oksigen harus selalu tersedia meski saat ini memang angka penularan covid-19 di Gorontalo menurun. Ini juga berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah, agar mengecek ketersediaan oksigen, obat-obatan, ruangan isolasi, rumah sakit, guna menghadapi Nataru dan masuknya varian omicron.

 

“Alhamdulillah kita berkaca agustus kemarin kita bisa tangani waktu lonjakan delta, insya allah tapi amit – amit semoga tidak ada lonjakan ketiga atau masuk varian omicron, tapi karena ini namanya usaha kita harus mempersiapkan diri istilahnya sedia payung sebelum hujan, dan ini juga adalah perintah pak presiden. Makanya hari ini saya turun dari pesawat langsung kesini ditemani teman-teman forkopimda,” ucap Rusli

Sebagai langkah antisipatif, Gubernur dua periode ini juga langsung meninjau RS Ainun Habibie yang menjadi RS rujukan pasien covid-19 di Provinsi Gorontalo. Gubernur akan memastikan ketersediaan ruang isolasi, obat-obatan sampai tenaga medis yang tersedia.

“Terimakasih kepada SAMATOR karena ketersediaan tabung gas kita mencukupi sampai Maret 2022 nanti, itu yang sangat saya harapkan. Ini untuk menghadapi libur panjang Nataru, maupun penyebaran omicron semua harus sudah kita siapkan, dari sini kita akan ke rumah sakit rujukan provinsi yang khusus untuk covid-19,” tandasnya.

Kunjungan Gubernur kali ini didampingi Danrem 133 NWB, Wakapolda Gorontalo, Kabinda Gorontalo, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Kepala Pengadilan Tinggi Gorontalo, Sekdaprov Gorontalo, serta Satgas Covid-19.

SAMATOR atau PT AGI merupakan perusahaan pengisian ulang oksigen yang beroperasi di Gorontalo. Perusahaan ini menyuplai kebutuhan oksigen untuk kepentingan medis dan industri di daerah.

Pewarta – Echin

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI