Peroleh Peringkat ‘Sangat Tinggi’ Gubernur Rusli Sukses Mendorong Tatakelola Pemerintahan Yang Baik Di Daerah.

 

 

Kota Gorontalo, Kominfotik – Lagi-lagi Pemerintah Provinsi Gorontalo dibawah kepemimpinan Gubernur Rusli memperoleh peringkat ‘Sangat Tinggi’ dari Kemendagri dalam tata kelola pemerintahan khususnya dalam kelembagaan Perangkat Daerah.

Pencapaian ini adalah wujud komitmen yang sangat tinggi Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda bersama perangkat organisasi Daerah yang berhasil melakukan percepatan implementasi reformasi birokrasi hingga ke struktur pemerintahan terbawah.

Tidak hanya tingkat Provinsi, Pemprov Gorontalo melalui Biro Organisasi juga memfasilitasi penguatan pelaksanaan 8 Area Perubahan Reformasi Birokrasi hingga ke Kab/Kota. Hal ini dilakukan sesuai Amanah UU No, 23/2014 dan PP No. 33/2018.

Kepala Biro Organisasi, Aryanto Husain mengatakan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat melakukan pembinaan dan pengawasan, dan monev penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/kota.

Dalam hal kelembagaan dan penataan organisasi perangkat daerah, pembinaan ini antara lain mencakup penguatan strategi agar OPD komitmen dan konsistensi pelaksanaan mandat kelembagaan.

Aryanto menambahkan OPD juga didorong agar memiliki struktur yang tepat fungsi, tepat ukuran, dan tepat proses. Selain itu, OPD didorong untuk meningkatkan SDM Aparatur yang profesional, memiliki nilai dasar etika profesi, bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Kami juga mendorong OPD Kab/Kota agar menyesuaikan dengan disrupsi teknologi dan melakukan adaptasi terhadap kecepatan, ketepatan, dan peningkatan kualitas dalam penciptaan nilai tambah publik yang optimal,” tutupnya.

Pewarta – Noval

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI