Perpustakaan Keliling Minta Diintensifkan Rangsang Minat Baca Siswa

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meletakkan batu pertama rehabilitasi gedung Dinas Arpus, Jumat (29/5/2021). Pembangunan berbanderol Rp3,2 miliar itu diharapkan bisa selesai tepat waktu, tepat hasil dan tepat guna. (Foto: Salman).

Kota Gorontalo, Kominfo – Perpustakaan keliling milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan minta diintensifkan untuk merangsang minat baca siswa. Hal itu disampaikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meletakkan batu pertama rehabilitasi kantor Dinas Arpus di Jl. Pangeran Hidayat II, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Jumat (28/5/2021).

“Kumpul anak anak sekolah SMK – SMA di suatu tempat, baca mereka di situ. 10-20 orang di taman, mereka baca di situ tetap dengan protokol kesehatan,” pinta Rusli.

Gubernur dua periode itu menilai, anak sekolah saat ini sudah jenuh karena terlalu lama belajar dari rumah. Di sisi lain minat baca menjadi rendah karena dijejali oleh tontonan di internet dan permainan di gawai (gadget).

Dinas Arpus didorong bekerjasama dengan Dinas Dikbudpora untuk merangsang minat baca. Caranya dengan memprogramkan perpustakaan keliling yang digilir di setiap kecamatan.

“Coba dijadwalkan kerjasama dengan Dikbudpora. Anak SMK SMA disuruh membaca. Kalau perlu bikin di pantai, agar mereka tidak jenuh,” tandasnya.

Kadis Arpus Sul A. Moito menyambut baik arahan gubernur tersebut. Hal itu sejalan dengan program dinas Arpus yakni pelayanan perpustakaan keliling. Pihaknya memiliki dua armada lengkap dengan buku-buku bacaan yang bisa digunakan oleh para siswa.

“Kami akan segera tindaklanjuti arahan beliau. Memang kemarin perpustakaan keliling intens dilakukan tapi karena kita masih covid-19 dan anak sekolah masih belajar dari rumah sehingga belum dilaksanakan. Catatan beliau tadi tetap harus melaksanakan protokol kesehatan,” tutur Sul Moito.

Kehadiran Gubernur Rusli untuk meletakkan batu pertama rehabilitasi kantor Dinas Arpus. Pekerjaan proyek itu dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus APBN senilai Rp3,2 miliar. Kantor tersebut rencananya rampung 20 November 2021 nanti.

Pewarta : Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI