Gubernur Gorontalo Nilai Pohuwato Siap Gelar Pemungutan Suara

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) didampingi Kapolda Gorontalo Irjenpol Akhmad Wiyagus dan Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito saat meninjau kesiapan di salah satu TPS di Kabupaten Pohuwato, Selasa (8/12/2020). Gubernur Rusli menilai kabupaten ujung Barat Gorontalo itu siap menggelar pemungutan suara pada Pilkada, Rabu besok. (Foto: Salman-Humas).

POHUWATO, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menilai Kabupaten Pohuwato sudah siap menggelar pemungutan suara pilkada tahun 2020, Rabu 9 Desember besok. Hal itu berdasarkan hasil peninjauan lapangan yang didampingi Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito serta anggota penyelenggara pemilu, Selasa (8/12/2020).

Gubernur Rusli mendatangi TPS 1 Desa Kemiri, Kecamatan Paguat, TPS 1 Kelurahan Pentadu, Kecamatan Paguat serta TPS 1 Desa Pepaya, Kecamatan Dengilo. Rombongan juga meninjau TPS 3 Desa Huta Moputi, Kecamatan Dengilo dan TPS 4 Desa Palopo, Kecamatan Marisa.

“Alhamdulillah setelah kami melihat beberapa sampel di tiga kecamatan sudah sangat siap dan (TPS ditata) bagus sekali. Saya dengar anggarannya kurang tapi partisipasi masyarakat sangat bagus sehingga saya yakin besok berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang diinginkan rakyat,” ucap Rusli usai kunjungan.

Rusli juga menilai persiapan pengamanan dari Polri dan TNI sudah berjalan baik. Personil disiagakan di Polres dan Kodim setempat jika seaktu-waktu dibutuhkan. Ia berharap pemungutan dan penghitungan suara berjalan dengan aman, damai dan lancar.

Dihubungi terpisah, anggota KPU Provinsi Gorontalo Hendrik Imran menjelaskan pasien yang berstatus positif covid-19 tetap diberikan hak untuk memilih. Saat ini karantina pasien covid-19 terpusat di Hotel Eljie Kota Gorontalo.

“Data sementara di kita yang positif covid-19 terbanyak di Kabgor ada 46 orang sementara Bone Bolango delapan orang. Untuk Kabgor proses pemilihan akan dipusatkan di RS Ainun nanti petugas yang akan datang,” jelasnya.

Diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pohuwato sebanyak 102.786 orang. Jumlah itu tersebar di 306 TPS, 104 desa dan 13 kecamatan. Pilkada Pohuwato diikuti oleh empat pasangan calon.

Pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Hamid Alamri – Zairin T.D Maksud dari jalur perseorangan. Paslon nomor urut 2 Ibrahim Bouty – Miswar Yunus dari jalur perseorangan. Paslon nomor urut 3 Iwan Sjafruddin Adam – Zunaidi Z. Hasan diusung PKB dan PKS. Paslon nomor urut 4 Saipul A. Mbuinga – Suharsi igirisa diusung Partai Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat dan PAN.

Pewarta: Isam/Alfred

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI