Masyarakat Berpenghasilan Rendah Dapatkan BSPS

Gorontalo, Humas – Masyarakat yang berpenghasilan rendah akan mendapatkan Bantuan Swadaya Perumahan Stimulan (BSPS). Ini terungkap pada rapat pembinaan tenaga fasilitator lapangan dan koordinator fasilitator Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Nasional Affordable Housing Program (NAHP), yang digelar oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Kementerian Pekerjaan Umum Provinsi Gorontalo, Rabu (4/9/2019).

Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Provinsi Gorontalo, Agus Irwin Sumba yang membuka rapat tersebut mengatakan, program bantuan rumah swadaya BSPS NAHP ini merupakan salah satu program Pemerintah. Bantuan yang diberikan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang pendanaannya di subsidi dari bank dunia.

“Program bantuan BSPS NAHP diberikan pada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), penerima bantuan adalah masyarakat yang rumahnya tidak layak huni dilihat dari kualitas atap, lantai dan dinding dalam memenuhi kriteria keselamatan bangunan, pemenuhan luas ruang dan kesehatan bagi penghuni,” kata Agus.

Alokasi bantuan BSPS NAHP tahun ini tersebar di dua kabupaten, Kabupaten Gorontalo dialokasikan bantuan 150 rumah dan Kabupaten Pohuwato 100 rumah, total bantuan 250 rumah.

“Pembangunan 250 rumah ini memerlukan Tenaga Pendamping Lapangan (TFL)sebanyak 10 orang dan Tenaga Koordinator Fasilitator (Korfas) 5 orang. Salah satu syarat penerima bantuan adalah masyarakat berpenghasilan rendah yang menguasai tanah yang akan dibangun,” ujar Agus.

Pertemuan ini menargetkan terbentuknya fasilitator BSPS-NAHP tingkat kabupaten/kota yang kompeten dan andal dalam mendampingi kegiatan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring/evaluasi dan pelaporan.

Agus juga berharap fasilitator dapat mengetahui fungsi, tugasnya dan kedudukanya sebagai Koordinator Fasilitator (Korfas) dan Tenaga Pendamping Lapangan (TFL). Serta terbentuknya fasilitator yang dapat menyusun Rencana Tindak Pelaksanaan BSPS-NAHP di tingkat Kabupaten/Kota dan Desa dampingannya.

Kegiatan yang diikuti oleh 20 orang TFL dan Korfas BSPS NAHP dengan narasumber Kepala Satker SNVT Penyediaan Perumahan Alwi Mahdali dan PPK Rumah Swadaya Satker SNVT, Vita Monayo tersebut, akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 4-6 September 2019.

pewarta : ppid PRKP

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI