Gubernur Gorontalo Hadiri Hakteknas di Bali

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kemeja biru) saat menghadiri puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 di Denpasar, Bali, Rabu, (28/8/2019).

BALI, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menghadiri puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 di Denpasar, Bali, Rabu, (28/8/2019). Peringatan Hakteknas yang berlangsung 24-28 Agustus 2019 dan dipusatkan di Bali tersebut diisi dengan beragam kegiatan bidang sains dan teknologi.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam sambutannya, sebagaimana dilansir RRI, menekankan pentingnya sebuah negara meningkatkan temuan atau berinovasi lebih banyak lagi. demi memperbaiki catatan prestasi di dunia.

Wapres mengakui Indonesia yang memiliki ribuan universitas ataupun perguruan tinggi di tanah air, tetapi masih kalah dari negara negara tetangga, seperti Singapura ataupun Malaysia. Indonesia hanya unggul dari Kamboja.

“Teknologi berkembangnya luar biasa. Kita banyak melakukan sesuatu, namun kita juga memahami kita sendiri menyadari banyak ketertinggan dengan banyak negara. Diantara 120 besar negara yang diberikan index oleh Global Inovation Index. Kita itu nomor 89, Singapura nomor 85, Malaysia nomor 30 dan kita hanya mengalahkan Kamboja. Negara yang lebih kecil dan baru saja mau maju, Kamboja. Artinya adalah kita masih perlu kerja keras,” ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Mohammad Natsir melihat peringatan Hakteknas ke-24 dapat lebih memotivasi seluruh masyarakat untuk lebih kreatif dalam berinovasi.

“Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 di Denpasar, Bali menghargai upaya dan kreatifitas bangsa dalam menguasai, mengembangkan, ilmu pengetahuan dan teknologi dan inovasi sebagai penggerak pembangunan nasional,” tutur Mohammad Natsir.

Hakteknas tahun ini mengusung tema “Iptek dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0” dengan sub tema “Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa” dan tagline : “Inovasi, Bangun Bangsa”.

Dalam puncak Hakteknas 2019 ini, Wakil Presiden bersama rombongan didampingi Menristekdikti Mohamad Nasir menyempatkan untuk meninjau Ritech Expo 2019. Pameran tahunan yang diselenggarakan Kemenristekdikti ini menampilkan hasil-hasil riset dan inovasi di berbagai bidang teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para innovator yang keseluruhannya marupakan karya anak bangsa.

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI