Dinas Kumperindag Gelar Business Class Bagi UMKM

Gorontalo, Humas – Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo menggelar Business Class bagi pelaku Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) di ruangan Pusat Layanan Usaha Terpadu, Kamis (18/7/2019).

Bersama konsultan PLUT-KUMKM, Dinas Kumperindag melakukan edukasi dan pendampingan bagi pelaku usaha di Gorontalo.“Pendaftaran peserta kami secara online dan untuk efektifitasnya dibatasi hanya 20 orang per kelas,” tutur Kepala Bidang UMKM Lyla Ramziah Laya.

Lyla menjelaskan, suksesnya UMKM itu bukan sekadar banyak menjual produk atau jasanya, tapi strategi marketing yang mereka jalankan dengan disertai rapinya pencatatan keuangan usaha.“Salah satu kesalahan yang sering menjerumuskan pelaku adalah mencampuradukkan keuangan. Pelaku pemula kerap kebingungan memisahkan keuangan pribadinya dari keuangan perusahaan. Hal inilah yang akan menimbulkan kerancuan,” terang Lyla.

Ia melihat tidak sedikit pelaku usaha yang tidak mengetahui berapa keuntungan atau kerugian usaha yang mereka jalankan, dikarenakan mereka mencampuradukan biaya dan hasil bisnisnya ke dalam satu wadah dan memakainya untuk keperluan sehari-hari, pungkasnya.

Berdasarkan kasus-kasus tersebut, PLUT KUMKM Provinsi Gorontalo membuka Kelas Bisnis dengan tema,”Pencatatan Laporan Keuangan dengan Metode Semar Mesem”.

Semar Mesem sendiri merupakan metode pencatatan laporan keuangan yang sederhana, mudah, murah dan bikin mesem ( tersenyum ) yang disingkat Semar Mesem dan dapat diaplikasikan pada HP android sehingga bisa mencatat di mana dan kapan saja.

pewarta : ppid diskumperindag

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI