Kodim 1313/Pohuwato Resmi Beroperasi

Darem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw (dua kanan) didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tiga kanan) menekan sirene tanda dibukanya selubung papan nama Kodim 1313/Pohuwato, Rabu (26/9/2018). Turut hadir pula Kapolda Gorontalo Brigjenpol Rachmad Fudail (kanan), Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga (kiri) dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo La Ode Haimuddin (dua kiri). (foto : Salman-Humas)

POHUWATO, Humas – Provinsi Gorontalo ketambahan satu Komando Distrik Militer (Kodim) yakni Kodim 1313/Pohuwato yang berlokasi di Blok Plan Perkantoran Pemkab Pohuwato, di Desa Palopo, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato.

Pengresmian Kodim tersebut ditandai dengan penekanan sirene yang dilakukan oleh Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, Rabu (26/9/2018).

Turut mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Kapolda Gorontalo Brigjenpol Rachmad Fudail. Hadir pula Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo La Ode Haimuddin.

Pengresmian Kodim tersebut disambut baik oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Ia menilai Provinsi Gorontalo sudah cukup representatif dalam hal infrastruktur alat pertahanan dan keamanan daerah. Selain sudah memiliki dua Kodim, Gorontalo juga sudah beroperasi Korem 133/Nani Wartabone.

“Dulu di awal provinsi kita hanya punya satu Kodim yakni Kodim 1304 Gorontalo. Alhamdulillah kita sudah punya Korem dan sekarang ketambahan lagi Kodim satu. Begitu juga di kepolisian kita sudah punya Polda, Polres-Polres kecuali Gorut dan bahkan kita sudah punya SPN (Sekolah Polisi Negara),” kata Rusli usai pengresmian.
Kehadiran Kodim 1313/Pohuwato dinilai Rusli sangat penting mengingat letak geografis Gorontalo yang cukup luas. Selain itu, Kabupaten Pohuwato berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah yang rawan terhadap situasi keamanan dan gangguan kamtibmas.

Senada dengan Gubernur Rusli, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga juga bergembira dengan hadirnya Kodim 1313. Ia mengaku siap memberikan dukungan kepada TNI dan Polri menjaga keamanan dan ketertiban daerah.

“Tidak ada yang bisa membayangkan suasana batin saya dan suasana batin warga Pohuwato dengan hadirnya Kodim ini. Setelah ini Brimob rencananya akan dihadirkan di Pohuwato, kita sudah siapkan lahan seluas 10 hektar. Pak Danrem juga bilang ke sana akan membangun Batalion di perbatasan. Semua kita dukung,” jelas Syarif.

Sementara itu, Danrem 133 Klonel Czi Arnold AP Ritiauw berharap Dandim 1313/Pohuwato dan prajuritnya bisa membangun sinergitas yang baik dengan pemerintah daerah. Tugas-tugas TNI ke depan sangat berat, selain untuk menjaga kedaulatan negara juga berkontribusi pada pembangunan.

Pada kesempatan tersebut, Arnold juga melantik dan mengambil sumbah Komandan Distrik Militer (Dandim) 1313 Letkol Inf. Hanif Bachmid, S.Sos. Pelantikan dan pengresmian Kodim 1313 diintegrasikan dengan sunatan massal dan pengobatan gratis bagi warga setempat.

Pewarta : Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI