Pemda Boalemo Sambut Pj Gubernur dengan Mopotilolo 

Prosesi adat Mopotilolo Pj Gubernur Rudy Salahuddin saat melakukan kunjungan kerja perdana di Kabupaten Boalemo. Prosesi adat dilakukan oleh pemangku adat setempat yang juga dihadiri Bupati Boalemo dan jajarannya, Kamis, (13/6/2024). (Foto – Haris Diskominfotik)

Boalemo, Kominfotik- Pemerintah daerah Kabupaten Boalemo menggelar adat Mopotilolo menyambut kehadiran Pj. Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin bersama istri Djoewiati Kentjana Soebrata di Rujab Bupati, Kamis, (12/6/2024). Mengenakan takowa dan galenggo berwarna Hijau Tua, kehadiran Rudy disambut Pj Bupati Sherman Moridu dan Ketua TP-PKK Boalemo.

Mopotilolo merupakan rangkaian adat untuk menyambut setiap pejabat tinggi yang baru pertama kali datang ke daerah tersebut. Adat ini sebagai tanda memperoleh restu dari masyarakat setempat. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat).

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruang tamu Rudis Bupati Boalemo,  prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan Rudy dan istri selama bertugas.

“Sudah selesai pelaksanaan adat Mopotilolo untuk pak penjagub dan ibu Ketua PKK. Kami ucapkan selamat datang di Kabupaten Boalemo. Semoga kedepan bapak dan ibu akan sering berkunjung ke wilayah kami,” ujar Bupati Sherman.

Pelaksanaan adat Mopotilolo untuk Pj gubernur dan istri sebelumnya sudah dilakukan di tiga kabupaten dan satu kota. Setelah Boalemo, tersisa Kabupaten Pohuwato yang akan dikunjungi untuk sempurnanya pelaksanaan adat Mopotilolo Penjagub. Turut mendampingi Rudy di Boalemo ada Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim, serta pimpinan OPD terkait.

Pewarta : Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI