Tiga Pesan Penjagub Ismail Dalam Gebyar UMKM 2024

Pemukulan alat musik polopalo oleh Penjabat Gubernur Ismail Pakaya, Ketua Dekranasda, Kepala BI Gorontalo, Sekdaprov Gorontalo, Anggota Komisi VIII DPR RI, Wali Kota Gorontalo dan perwakilan Forkopimda, pada kick Off Gebyar UMKM dan HACF 2024, Sabtu, (27/4/2024). (Foto – Nova Diskominfotik)

Kota Gorontalo, Kominfotik- Bank Indonesia perwakilan Gorontalo bekerjasama dengan Pemprov Gorontalo dan Dekranasda kembali menggelar Gebyar UMKM di tahun 2024. Penjagub Ismail Pakaya yang berkesempatan membuka kegiatan tersebut menyampaikan tiga hal penting untuk memajukan UMKM di Provinsi Gorontalo.

Menjadi yang pertama disampaikan Ismail bahwa ia melihat biaya transportasi pemasaran UMKM dari Gorontalo ke luar masih cukup mahal. Oleh karena itu pihaknya beberapa waktu lalu saat kunjungan Presiden Jokowi ke Provinisi Gorontalo, telah berdiskusi dengan Menteri Perhubungan untuk membuka kembali tol barang dari Gorontalo (pelabuhan Anggrek) sampai dengan Tanjung Perak (Surabaya). Hal ini untuk mempermudah pemasaran UMKM sekaligus membantu para pelaku UMKM dari segi pembiayaan.

“Jika ingin berkembang UMKM, kita harus bisa menembus pasar nasional terlebih di pulau Jawa. Memang tol lautnya pernah dibuka tetapi karena kosong maka dihentikan, tidak ada gunanya disubsidi tapi tidak ada barang yang dibawa oleh kapal tersebut. Oleh karena itu kita usaha lagi biar kembali dibuka, UMKM harus tau pakai tol lebih murah biayanya,”ujar Ismail saat membuka gebyar UMKM, Sabtu, (27/4/2024).

Hal kedua yang disampaikan Staf Ahli Menteri ketenagakerjaan RI adalah ucapan terimakasih kepada pihak perbankan yang selama ini terus memperhatikan UMKM di Provinsi Gorontalo. Ia ingin semua pihak terus mensosialisasikan adanya fasilitas yang diberikan perbankan untuk kemajuan UMKM.

“Ketiga yang ingin saya tekankan adalah mari kita membiasakan pembayaran melalui digital. Karena penggunaan pembayaran digital di Provinsi Gorontalo masih cukup rendah, baru sekitar 26 persen. Saya minta Pak Sekda dan Pak Wali Kota, para pegawainya agar setiap pembayaran sudah harus dilakukan dengan Qris bank Sulutgo,” tegasnya.

Pada kegiatan ini turut dilaksanakan penandatanganan Bisnis Matching antara jajaran perbankan dengan pelaku UMKM. Turut diserahkan pula sertifikat halal, penyerahan hak kekayaan intelektual (HAKI) serta penyerahan izin obat dan makanan.

Gebyar UMKM yang dirangkaikan dengan Kick Off Hulondhalo Art and Craft Festival 2024 ini, turut dihadiri Anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah, Sekdaprov Gorontalo Sofian Ibrahim bersama istri, Wali Kota Gorontalo, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, serta perwakilan unsur Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Pewarta : Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI