BI Gorontalo – Dekranasda Gelar Gebyar UMKM 2024

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya bersama Ketua Dekranasda Fima Agustina didampingi kepala perwakilan BI Gorontalo, saat meninjau salah satu stand UMKM yang menjadi peserta dalam Gebyar UMKM 2024 yang berlokasi di atrium City Mall Kota Gorontalo, Sabtu, (27/4/2024). (Foto – Nova Diskominfotik)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Bank Indonesia perwakilan Gorontalo bekerjasama dengan Dekranasda dan Diskomperindag Provinsi Gorontalo, menggelar Gebyar UMKM yang berlokasi di atrium City Mall Kota Gorontalo, Sabtu, (27/4/2024). Kegiatan yang dirangkaikan dengan Kick Off Hulondhalo Art and Craft Festival (HCAF) tahun 2024 ini dibuka langsung Penjabat Gubernur Ismail Pakaya didampingi Ketua Dekranasda Fima Agustina serta Kepala BI Gorontalo Dian Nugraha.

Dian Nugraha dalam sambutannya menyampaikan, di tahun sebelumnya (2023) Provinsi Gorontalo berkesempatan menjadi salah satu pelaksana untuk mempromosikan pariwisata dan UMKM selama satu bulan penuh di Hotel Borobudur, di Jakarta. Keberhasilan tersebut dampaknya begitu terasa. Di mana setiap kegiatan yang dilaksanakan memperoleh sambutan besar dari masyarakat termasuk juga dari kementerian dan lembaga yang ada di Jakarta.

“Pelaksanaan gebyar UMKM di tahun ini menjadi yang ketiga kalinya pak gubernur. Kami BI dan Dekranasda akan terus menyiapkan ruang yang mampu dioptimalkan oleh UMKM. Tentu dengan dukungan dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota,” ujar Dian.

Pihaknya juga menyebutkan, usai pandemi Covid-19, UMKM menjadi salah satu pilar terpenting dalam perekonomian di Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PBB sebesar 61,07 persen atau senilai Rp8.573 triliun.

“Dari tahun lalu sudah ada usulan untuk menambah satu hari pelaksanaan kegiatan gebyar UMKM ini. Namun berdasarkan kesepakatan kami dengan Dekranasda, juga Diskumperindag sementara ini memang kita selenggarakan selama dua hari. Insyaallah nanti untuk HCAF kita maksimalkan menjadi tiga hari,” tandasnya.

Gebyar UMKM diikuti kurang lebih 150 UMKM binaan Bank Indonesia Gorontalo. Berbagai lomba mulai dari lomba mewarnai tingkat anak-anak, lomba rangking 1 tingkat remaja dan juga lomba fashion berkebaya karawo kartini yang diikuti oleh organisasi wanita se Provinsi Gorontalo, akan turut memeriahkan kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 27 – 28 April ini.

Sebagai informasi pelaksanaan Hulondhalo Art and Craft Festival (HCAF) baru akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Pewarta : Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI