BPSDMP Kominfo Manado Gelar GTA Arsitektur SPBE di Gorontalo

Pelaksanaan Diklat Government Transformation Academy (GTA) dengan tema Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Diklat yang diikuti 13 OPD itu digelar di BPSDM Provinsi Gorontalo, Selasa (5/3/2024).

Kota Gorontalo, Kominfotik- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kementrian Kominfo RI Wilayah Manado menggelar Diklat Government Transformation Academy (GTA) dengan tema Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Diklat yang diikuti 13 OPD itu digelar di BPSDM Provinsi Gorontalo, Selasa (5/3/2024).

Kepala BPSDMP diwakili oleh Asriani Purnama menjelaskan, BPSDMP Kominfo Manado adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis dari Badan Litbang SDM dengan tupoksi yaitu melaksanakan Pengembangan SDM bidang TIK. Cakupan wilayah kerjanya d empat provinsi yaitu Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Makuku Utara.

“Digitalent Scholarship Academy (DTS) mempunyai delapan akademi yang bisa dilihat pada website kami www.digitalent.kominfo.go.id . Khusus untuk GTA ini adalah akademi yang diperuntukkan bagi ASN dan TNI Polri yang terdiri dari 21 tema, salah satunya arsitektur SPBE seperti yang kita gelar hari ini” kata Asriani.

GTA Arsitektur SPBE akan berlangsung selama 40 Jam Pelajaran atau lima hari ke depan dengan pemateri dari BPSDMP Makassar, Tasmil, S.Kom., M.T.

“Kami sudah bekerja sama dengan pemprov Gorontalo untuk menggelar pelatihan – pelatihan seperti ini. Ke depannya, kami berharap ada permintaan dari Gorontalo untuk diklat apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas aparatur di sini,” imbuh Asriani.

Di tempat yang sama, Drs. Tajuddin Pata, M.Si. selaku Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis BPSDM Provinsi Gorontalo menyampaikan, selain diklat Arsitektur SPBE juga akan digelar Digital Enterprenur Academy (DEA) bagi UMKM syariah tanggal 7 Maret 2024.

Tajuddin berharap OPD – OPD Provinsi Gorontalo seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kumperindag dan OPD terkait lainnya bisa menangkap peluang pelatihan digital dari BPSDMP Kominfo Manado. Digitalisasi sistem pendidikan dan pemasaran produk juga menjadi penting di era teknologi dewasa ini dan termasuk meningkatkan Indeks Masyarakat Digital (IMDI) Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Riska

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI