Penjagub Gorontalo Hadiri Apel Pasukan Operasi Lilin Otanaha 2023

Kapolda Gorontalo menyematkan pita kepada personil yang akan melaksanakan pengamanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Operasi ini melibatkan 1.267 personil yang terdiri dari TNI, Polri dan stakeholder terkait. (Foto: Fadil-Kominfotik)

Penjabat Gubernur Ismail Pakaya menghadiri apel pasukan Operasi Lilin Otanaha tahun 2023 di Markas Polda Gorontalo, Kamis (21/12/2023). Apel tersebut digelar oleh Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo dalam rangka pengamanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Melalui amanat tertulis Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan oleh Irjen Pol Angesta Romano Yoyol yang bertindak sebagai Komandan apel, disebutkan bahwa pengamanan Nataru merupakan tugas rutin. Seluruh elemen harus memastikan semuanya berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

“Pengamanan Nataru itu harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan distribusi, dan bahan pokok. Hal tersebut karena setiap Nataru mobilitas masyarakat senantiasa mengalami peningkatan,” jelas Yoyol.

Yoyol juga menyebut perayaan Nataru tahun ini memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi, karena menghadapi tahun politik. Oleh karena itu, dalam rangka pengamanan, Polri didukung stakeholder terkait melakukan operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin 2023.

“Pada operasi lilin tahun ini kami sudah menetapkan urgensi yang harus diamankan, di antaranya adalah pengamanan lalu lintas juga mensterilkan tempat-tempat ibadah, dan penyediaan area parkir yang lebih luas,” ujarnya

Di akhir, Kapolda juga memberi imbauan agar tidak ada penggunaan petasan dan kembang api di tempat-tempat umum pada malam perayaan tahun baru. Hal tersebut dipintanya, karena menurutnya penggunaan petasan akan lebih banyak memberi dampak buruk.

“Penggunaan petasan kita imbau agar jangan diadakan, kecuali yang memiliki izin dari kami seperti hotel atau tempat-tempat tertentu yang mengadakan acara,” pungkasnya.

Diketahui operasi lilin otanaha 2023 akan digelar serentak selama 12 hari, mulai pada 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Di Gorontalo operasi ini melibatkan 1.267 personil yang terdiri dari TNI, Polri dan stakeholder terkait. Beberapa fokus lokasi pengamanan adalah tempat-tempat ibadah, jalan perlintasan arus mudik dan arus balik, objek-objek wisata serta pusat perbelanjaan.

 

Pewarta: Sella

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI