Hadapi Pemilu 2024, Perguruan Tinggi Diminta Bumikan Nilai Pancasila

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim (kedua kanan) menghadiri Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila yang berlangsung di Rektorat IAIN Sultan Amai Gorontalo, Rabu (13/12/2023). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala BPIP RI, Yudian Wahyudi, Deputi Bidang Hubungan antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP RI, Prakoso dan Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Zulkarnain Suleman. Ada juga Ketua KPU Provinsi Fadliyanto Koem, Ketua Komisi IV DPRD serta unsur Forkopimda. (Foto: Fahrul)

KOTA GORONTALO, Diskominfotik – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, perguruan tinggi, masyarakat, partai politik dan seluruh pihak terkait diminta untuk terus membumikan nilai-nilai Pancasila. Permintaan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim, saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila.

“Menghadapi Kontestasi Pemilu serentak nanti, tentu tidak lepas dari situasi, ancaman maupun tantangan. Oleh karena itu, kita perlu mengajak seluruh elemen, baik rakyat, perguruan tinggi hingga partai politik dalam proses pembumian nilai-nilai pancasila dan mengambil bagian dari suksesnya pesta demokrasi kita,” tuturnya saat memberikan sambutan pada kegiatan yang berlangsung di Rektorat IAIN Sultan Amai Gorontalo, Rabu (13/12/2023).

Ia membeberkan, terdapat banyak tantangan berupa hoaks, ujaran kebencian, money politik serta politik identitas yang akan dihadapi nanti. Olehnya, melalui kegiatan ini diharapkan nilai-nilai Pancasila dapat selalu mewarnai setiap aktivitas politik jelang Pemilu serentak 2024.

“Situasi yang kita hadapi sekarang, membutuhkan komitmen persatuan dari seluruh pihak dan soliditas seluruh elemen. Kita pemerintah utamanya perlu terus menjaga stabilitas politik untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan,” jelas Sofian.

Di akhir, mantan Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo ini memberikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang telah menginisiasi kegiatan itu. Menurutnya, nilai-nilai berupa persatuan dan kesatuan yang terkandung dalam Pancasila dapat menjadi salah satu ikhtiar dalam menyukseskan hajatan demokrasi nanti.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala BPIP RI, Yudian Wahyudi, Deputi Bidang Hubungan antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP RI, Prakoso dan Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Zulkarnain Suleman. Ada juga Ketua KPU Provinsi Fadliyanto Koem, Ketua Komisi IV DPRD serta unsur Forkopimda.

 

Pewarta: Sella

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI