Pelajar Didorong Lanjutkan Studi Perguruan Tinggi di Daerah 

Penjagub Gorontalo Ismail Pakaya saat menyrmatkan selempang kepada wisudawan terbaik Universitas Terbuka Gorontalo tahun 2023, di gedung Graha Azizah, Sabtu, (25/11/2023). Foto – Andika

Kota Gorontalo, Kominfotik- Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mendorong para pelajar SMA untuk kuliah di dalam daerah. Menurutnya, saat ini perguruan tinggi baik swasta atau negeri di Gorontalo sudah bisa bersaing dengan PT di luar daerah.

“Tapi mungkin ada banyak pertimbangan kalau mau keluar, bisa saja karena mendapatkan beasiswa saat kelulusan dan diterima di PT luar Gorontalo atau alasan tertentu dari keluarga yang ingin pindah. Tapi mudah-mudahan bukan karena alasan kualitas pendidikan di luar lebih baik dibanding Gorontalo,”ujarnya saat hadir dan memberikan sambutan pada acara Wisuda Program Sarjana dan Diploma Universitas Terbuka Gorontalo tahun 2023, di gedung Graha Azizah, Sabtu, (25/11/2023).

Ismail mencontohkan Universitas Terbuka Gorontalo yang telah berdiri selama 39 tahun saat ini sudah mampu melahirkan lulusan lulusan terbaik. Pada penerimaan CPNS tahun 2019, lulusan UT paling banyak terterima. Hal ini membuktikan UT telah menjadi kampus unggulan, tidak hanya untuk mahasiswa lanjutan tapi juga untuk kaum milenial.

“Pengalaman tiga tahun terakhir pada saat kita dilanda covid -19 harusnya UT itu tidak mengalami gangguan dalam pembelajaran, karena memang dari dulu pembelajarannya jarak jauh, tidak klasikal. Apalagi kita semua tahu era digitalisasi industri 4.0 ini akan segera berganti dengan 5.0. Seharusnya ini tidak akan sulit diterapkan oleh UT,” ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mendorong seluruh universitas yang berada di wilayah Provinsi Gorontalo untuk terus meningkatkan kualitas. Pada gilirannya semua pelajar akan memilih kuliah di Gorontalo.

“Kami juga tidak ingin UT itu menjadi pilihan terakhir. Biasanya kalau tidak lulus di PT yang klasik, baru kemudian memilih UT. Saya rasa UT harus bisa jadi pilihan pertama. Terakhir saya ucapkan selamat kepada semua wisudawan dan wisudawati hari ini. Semoga ilmu yang didapatkan dapat diimplementasikan di dunia kerja,” tandasnya.

Universitas Terbuka Gorontalo sendiri sukses melaksanakan wisuda untuk 333 lulusan Diploma, S1 dan S2 tahun akademik 2023/2024.

Pewarta : Echin

Editor : Isam

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI