Penjagub Tampung Aspirasi Petani Mootilango

Penjagub Ismail Pakaya (tengah), berdialog dengan para petani usai panen jagung di Desa Helumo, Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (5/8/2023). (Foto : Haris)

Kabupaten Gorontalo, Kominfotik – Kunjungan perdana Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, ke Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (5/8/2023), dimanfaatkan oleh perwakilan petani untuk menyampaikan aspirasi. Salah satunya menyangkut sedimentasi Bendungan Hunggaluwa.

“Petani di Desa Palu, Helumo, dan Sukamaju mengeluhkan sedimentasi Bendungan Hunggaluwa yang sudah memenuhi saluran induk. Kehadiran pak Gubernur menjadi harapan besar kami petani Mootilango agar bendungan ini bisa ada pemeliharaan utamanya pengerukan sedimentasinya sehingga tidak ada kendala dalam pengairan sawah,” ungkap seorang perwakilan petani pada sesi dialog dengan Penjagub Ismail.

Menanggapi hal itu Penjagub Ismail menginstruksikan Dinas Pertanian bersama Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Gorontalo untuk segera meninjau Bendungan Hunggaluwa. Penjagub berencana akan memaksimalkan peralatan yang dimiliki oleh Brigade Alsintan Dinas Pertanian untuk mengeruk sedimentasi pada bendungan tersebut.

“Dinas Pertanian itu punya eskavator, harusnya digunakan untuk pemeliharaan bendungan seperti ini daripada dipinjam oleh orang perorang. Oleh karena itu saya minta kepada teman-teman penyuluh untuk segera mengajukan peminjaman ke Pemprov Gorontalo. Kita punya alat, jangan sampai para petani tidak menanam hanya karena tidak ada air,” tutur Ismail.

Selain menyangkut sedimentasi Bendungan Hunggaluwa, perwakilan petani juga menyampaikan aspirasi lainnya seperti persoalan pupuk, pemanfaatan alsintan, serta Kredit Usaha Rakyat di sektor pertanian. Bagi para petani yang mengalami kesulitan dalam usaha pertaniannya, Penjagub Ismail mengajak untuk tidak segan-segan menghubungi dan berkomunikasi dengan para penyuluh lapangan hingga ke Dinas Pertanian Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Pada kunjungan kerjanya ke Desa Helumo, Kecamatan Mootilango, Penjagub Ismail bersama Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melakukan panen raya jagung. Berdasarkan data Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo luas panen jagung di Kecamatan Mootilango seluas 2.626 hektar, dengan total produksi jagung tahun 2023 untuk Kabupaten Gorontalo diprediksi mencapai 235.101 ton.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI