Workshop Sisparnas Diharapkan Bentuk Ekosistem Data Sektor Pariwisata   

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Budiyanto Sidiki saat membuka kegiatan Workshop pemahaman indikator pengisian data kepariwisataan dan ekonomi kreatif dalam Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (Sisparnas), di Ruang Olele GrandQ Hotel, Senin (17/7/2023). Foto – Sella

Kota Gorontalo, Kominfotik- Workshop pemahaman indikator pengisian data kepariwisataan dan ekonomi kreatif dalam Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (Sisparnas), diharapkan dapat membentuk ekosistem data sektor pariwisata Gorontalo. Harapan ini disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Budiyanto Sidiki saat membuka kegiatan tersebut di Ruang Olele GrandQ Hotel, Senin (17/7/2023).

“Melalui kegiatan ini saya berharap dan saya pesan juga ke pak Kadis agar outputnya tidak habis dalam pelaksanaan kegiatan dua hari ini, tapi juga dapat dimanfaatkan agar dapat terbentuk data sektor pariwisata yang akuntabel, valid, dan update dari sumber data yang paling terdepan,” pesan Budi.

Budiyanto menilai pelaksanaan workshop ini penting untuk membangun data sektor pariwisata dalam mewujudkan Satu Data. Oleh karena itu, ia meminta agar hal-hal terkait jumlah kunjungan, pendapatan pariwisata, tingkat hunian hotel maupun jumlah lapangan kerja yang tercipta dapat disepakati bersama sesuai dengan arahan dari Sisparnas.

“Kemarin sempat dikoreksi oleh pak Gubernur terkait jumlah kunjungan yang sangat kecil, tapi jumlah wisatawan yang kita targetkan besar. Menurut saya hal ini menunjukkan adanya problem terkait kesepakatan dalam membangun Satu Data, sehingga kita perlu menyepakati ini sesuai dengan arahan dari Sisparnas, jadi jangan dibuat-buat sendiri,” tegasnya.

Terakhir ia berpesan agar pembangunan destinasi pariwisata Gorontalo semakin baik maka penyediaan basis data kepariwisataan juga harus semakin memadai. Sehingga ia meminta agar para pemangku kepentingan memanfaatkan workshop ini, karena melalui workshop tersebut dapat menjadi langkah awal dalam pencapaian tata kelola destinasi pariwisata melalui sistem informasi dan ketersediaan data.

Pewarta : Fadhil/Sella

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI