Pembangunan Pelabuhan Tilamuta Ditargetkan Selesai Bulan Oktober

Penjagub Ismail Pakaya memberikan arahan pada evaluasi pekerjaan pembangunan Pelabuhan Tilamuta di Kantor UPP Kelas III, Kabupaten Boalemo, Sabtu (15/7/2023). (Foto : Haris)

Kabupaten Boalemo, Kominfotik – Pekerjaan pembangunan Pelabuhan Tilamuta ditargetkan selesai pada Oktober 2023 atau dua bulan lebih cepat dari waktu yang telah ditetapkan. Hal itu terungkap pada pertemuan Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, dengan jajaran Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Tilamuta di Kabupaten Boalemo, Sabtu (15/7/2023).

Realisasi pekerjaan fisik hingga Juli 2023 mencapai 76,16 persen. Capaian tersebut lebih tinggi dari rencana yang ditetapkan sebesar 62,02 persen atau terdapat deviasi positif 14,14 persen. Sedangkan untuk realisasi keuangan sebesar Rp26,784 miliar dari total anggaran Rp47,428 miiar.

“Terima kasih, progresnya bagus. Capaiannya luar biasa, di atas target bahkan ada defiasi lebih dari 14 persen,” kata Penjagub Ismail.

Pekerjaan Pelabuhan Tilamuta meliputi pembangunan dermaga segmen III sepanjang 25 meter dengan lebar delapan meter, pembangunan dermaga segmen IV 36×8 meter, dan pembangunan trestle II 40×6 meter. Selain itu ada pula pekerjaan causeway 66×6 meter, dan perkuatan dermaga segmen I 62×8 meter.

“Kalau ditargetkan selesai Oktober berarti ada percepatan dua bulan dari waktu pekerjaan yang sudah ditetapkan pada bulan Desember. Jika masih bisa dipacu makin bagus lagi supaya bisa segera dimanfaatkan,” tutur Ismail.

Pertemuan dihadiri oleh Penjabat Bupati Boalemo, Sherman Moridu, Asisten Bidang Pembangunan dan Ekonomi Provinsi Gorontalo, Handoyo Sugiharto, bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah. Hadir pula Kepala Kantor UPP Kelas III Tilamuta, Stanley Kenedy, serta pihak kontraktor.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI