“Motabi Kambungu” Diharapkan Permudah Perekaman KTPel

Penjabub Gorontalo Ismail Pakaya saat meninjau perekaman KTP elektronik (KTPel). Layanan administrasi kependudukan itu hadir di Kantor Desa Deme II Kecamatan Sumalata Timur, dalam program Motabi Kambungu, Kamis (14/6/2023). (Foto – Isam)

Gorontalo Utara,  Kominfotik  – Program “Motabi Kambungu” yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara diharapkan bisa mempermudah proses perekaman KTP elektronik (KTPel). Layanan administrasi kependudukan itu hadir di Kantor Desa Deme II, Kecamatan Sumalata Timur, Kamis (14/6/2023).

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyebut hingga Senin kemarin jumlah wajib KTP di Gorontalo yang belum merekam KTPel berjumlah 16.007 jiwa. Angka itu diharapkan terus menyusut termasuk di Kabupaten Gorut.

“Di Gorut masih ada sekitar 900 jiwa. Program yang mendekatkan pelayanan kepada masyarakat ini salah satunya untuk itu. Jadi masyarakat tidak perlu lagi ke ibu kota kabupaten untuk melakukan perekaman dan pengurusan administrasi kependudukan,” kata Ismail saat meninjau pelayanan administrasi kependudukan yang dipusatkan di Desa Deme II, Sumalata Timur.

Meski baru dibuka selama dua jam puluhan orang datang mengurus identitas diri. Ada yang melakukan perekaman KTPel ada juga yang ingin mengubah kartu keluarga atau mengurus angka kelahiran.

Di kartu Desa Deme II juga melayani perizinan usaha yang digelar oleh Dinas PNM PTSP. Usaha rumahan seperti pembuatan kue, catering, bengkel motor dan lainnya dilayani pada program Motabi Kambungu.

Penjagub berkesempatan menyerahkan KTPel bagi warga yang telah selesai melakukan perekaman. Diserahkan juga izin usaha yang telah selesai diurus.

Layanan kesehatan yang dipusatkan di Puskesmas Dulukapa menjadi yang paling banyak didatangi warga. Hingga pukul 12 siang sudah ada 171 pasien yang datang dengan berbagai keluhan.

Empat dokter spesialis dihadirkan pemprov yakni spesialis penyakit dalam, mata, kandungan dan jantung siap melayani warga. Pelayanan diberikan secara gratis.

Pewarta : Isam

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI