Pandemi Covid 19, Diskominfotik Fasilitasi Hampir 1000 Pertemuan Daring

Kadis Kominfotik Provinsi Gorontalo, Rifli M. Katili memberikan laporan pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis bagi operator virtual meeting OPD di lingkungan Pemprov Gorontalo, Rabu (31/5/2023) di ruang Dulohupa Kantor Gubernur Gorontalo. (Foto : Anie)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Selama masa pandemi Covid 19, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo memfasilitasi pertemuan daring atau virtual meeting di lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo. Hampir 1000 pertemuan daring difasilitasi oleh Diskominfotik.

“Selama 3 tahun masa pandemi covid 19  dari 2020 hingga 2022, kami memfasilitasi kegiatan virtual meeting pimpinan dan OPD lingkup Provinsi Gorontalo. Itu hampir mencapai 1000 kegiatan virtual meeting,” ungkap Kepala Dinas Kominfotik Rifli M. Katili, saat memberikan laporan pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis bagi operator virtual meeting OPD di lingkungan Pemprov Gorontalo, Rabu (31/5/2023) di ruang Dulohupa Kantor Gubernur Gorontalo.

Berdasarkan dokumentasi sejak tahun 2020 hingga 2023, Diskominfotik Provinsi Gorontalo telah melayani sebanyak 910 pertemuan daring. Jumlah terbanyak kegiatan yang difasilitasi terjadi pada awal pandemi  di tahun 2020, sebanyak 440 kegiatan. Lalu di tahun 2021 sebanyak 294 kegiatan, dan tahun 2022 sejumlah 115 kegiatan. Hingga akhir bulan Mei tahun 2023 ini, Diskominfotik telah memfasiltiasi virtual meeting  sebanyak 61 kegiatan.

Rifli menjelaskan, Diskominfotik memberikan bimbingan teknis kepada operator agar bisa memiliki kemampuan mengatasi tantangan dan situasi yang mungkin muncul selama pertemuan secara virtual .

“Ini barang sederhana, tapi kalau kita sederhanakan maka apa yang akan terjadi, yang sudah ada dalam pikiran kita, yang sudah ingin kita ungkapkan dihadapan kamera menjadi kacau, yang mendengar juga menjadi tidak jelas, karena tidak prepare atau menyiapkan dengan baik, akhirnya pimpinan, narasumber hilang moodnya,” urai Rifli.

Mantan Kepala Biro Humas ini berharap hasil bimtek dapat membuat OPD mandiri dalam pelaksanaan pertemuan daring, baik di ruangan kerja instansi masing-masing maupun di ruang rapat/pertemuan dan gedung di luar area kantor.

“Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada operator dalam mengoperasikan pertemuan virtual dengan efisiensi dan profesionalisme yang tinggi, serta memiliki etika kerja yang baik, komunikasi  yang efektif, serta kemampuan mengatasi tantangan dan situasi yang mungkin muncul selama pertemuan,” tutup rifli.

Kegiatan ini diikuti oleh operator pertemuan daring dari OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Seluruh materi bimtek diberikan  oleh ASN Diskominfotik Provinsi Gorontalo yang selama ini menangani fasilitasi pertemuan daring. Materi yang diberikan yaitu etika melaksanakan virtual meeting dinas,, teknis manual virtual meeting, integrasi vitur vmix dalam virtual meeting, dan kiat sewa account zoom dan cara pengadministrasiannya.

Pewarta : Anie

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI