Mopotilolo Penjagub Gorontalo Berlanjut di Bone Bolango

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya saat menerima penyerahan persembahan adat pada prosesi upacara adat Mopotilolo, bertempat di di Yiladia Bandayo Daa (Rumah Dinas Bupati) Bone Bolango, Jumat (26/5/2023). (Foto : Mila)

Kabupaten Bone Bolango, Kominfotik – Prosesi upacara adat mopotilolo Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya berlanjut di Kabupaten Bone Bolango. Disambut bersama istri Fima Agustina, tradisi wajib mopotilolo berlangsung di Yiladia Bandayo Daa (Rumah Dinas Bupati) Bone Bolango, Jumat (26/5/2023).

Mengenakan takowa dan galenggo hijau, Penjagub Ismail bersama istri disambut dengan tarian longgo atau tarian perang Gorontalo yang diiringi tabuhan genderang saat memasuki halaman Rudis Bupati. Kemudian, memasuki Rudis Bupati melalui tangga adat untuk prosesi selanjutnya

“Saya sudah diterima secara adat di empat daerah, pertama Kabupaten Gorontalo, kemarin di Boalemo dan Pohuwato. Hari ini di Bone Bolango, setelahnya saya akan diterima secara adat di Gorontalo Utara,” ungkap Ismail.

Seperti prosesi mopotilolo yang sering dilaksanakan sebelumnya, upacara adat ini dimulai dengan penyerahan persembahan adat. Lalu, dilanjutkan dengan memberikan suguhan minuman dan makanan tradisional. Terakhir ditutup dengan pembacaan doa oleh tokoh agama.

“Gorontalo itu memproklamirkan sebagai serambi madinah oleh karena itu kami menjunjung tinggi adat istiadat yang berlaku di daerah. Saya selaku putra daerah juga harus menjunjung tinggi adat istiadat ini,” ungkap Ismail.

Usai melaksanakan rangkaian prosesi adat mopotilolo, Penjagub Ismail bersama Istri kemudian akan bertolak ke Gorontalo Utara. Sama halnya kunjungan ini untuk melengkapi tatanan adat sebagai penjabat baru yang akan melaksanakan tugasnya di Provinsi Gorontalo.

Pewarta : Mila

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI