Giliran Gorontalo Utara Terima Penjagub Ismail Dengan Adat Mopotilolo   

Penjagub Gorontalo Ismail Pakaya didampingi istri Fima Agustina saat diterima dengan tarian longgo atau tarian perang Gorontalo yang diiringi tabuhan genderang saat memasuki halaman Rudis Bupati Gorontalo Utara, Jumat (26/5/2023). Prosesi dilanjutkan dengan adat Mopotilolo.  (Foto – Fikry)

Gorontalo Utara, Kominfotik – Prosesi upapcara adat Mopotilolo Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya terus berlanjut di Kabupaten GorontaloUtara, Jumat (26/5/2023). Seperti kedatangannya di empat kabupaten lainnya, Penjagub didampingi istri Fima Agustina diterima dengan adat Mopotilolo.

Penjagub dan rombongan tiba di Gorontalo Utara sekitar pukul 14.16 WITA dan langsung diterima Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu bersama istri dan pimpinan OPD setempat di Rujab Bupati. Menggunakan pakaian adat takowa warna krem, proses adat diawali dengan sambutan tarian longgo atau tarian perang Gorontalo yang diiringi tabuhan genderang saat memasuki halaman Rudis Bupati Gorut.

Upacara adat selanjutnya adalah penyerahan persembahan adat, yang dilanjutkan dengan memberikan suguhan minuman dan makanan tradisional. Terakhir ditutup dengan pembacaan doa oleh tokoh agama.

“Atas nama Pemda Gorut, kami menyambut dengan penuh hormat dan penuh takzim kehadiran pak penjabat gubernur bersama Ketua TP-PKK Provinsi Gorontalo. Dengan penerimaan adat ini juga, maka berarti kita semua unsur pemda sampai ke tingkat desa mendukung tugas dan amanah yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada bapak,” ujar Thariq Modanggu.

Dalam prespektifnya, adat Gorontalo dikenal dengan lima negeri adat atau u duluwo limo lo pohalaa (dua negeri bersaudara dari lima negeri adat). Dari Lima negeri adat yang dimaksud, tersisa Kota Gorontalo yang akan didatangi Penjagub dengan adat Mopotilolo.

Pewarta: Echin

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI