Penerapan SPBE Provinsi Gorontalo Butuh Dukungan Seluruh OPD

Narasumber dari Kemenpan-RB (kanan) dan beberapa perwakilan dari OPD Pemprov Gorontalo melakukan rapat terkait rencana evaluasi SPBE tahun 2023 Provinsi Gorontalo, Kamis (25/5/2023) di ruang Poboide Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo. (Foto : Vira)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo melaksanakan rapat koordinasi terkait persiapan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 Provinsi Gorontalo, Kamis (25/5/2023), di ruang Poboide Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo.

Ugi Cahyo Setiono , Analis Kebijakan Madya, Asdep SPBE Kementerian PANRB, yang menjadi salah satu narasumber dalam rakor tersebut menjelaskan, penerapan SPBE bukan cuma tugas satu atau dua opd, namun seluruh opd di lingkup pemerintahan tersebut.

“Penerapan SPBE bukan hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kominfo saja atau Ortala saja, atau beberapa unit opd saja, tapi memang menjadi tanggungjawab dari seluruh unsur opd yang ada di Provinsi Gorontalo,” ungkap Ugi.

Menurutnya seluruh OPD perlu memahami instrument dalam penilaian SPBE, sehingga dapat memenuhi kriteria atau persyaratan  pada masing-masing indikator.

“Nanti akan ada pembahasan masing-masing indikator, diharapkan nanti paham apa yang harus dipenuhi pada kriteria atau persyaratan pada masing-masing indikator,” urai Ugi.

Ia menambahkan, ketidakpahaman persyaratan pada masing-masing indikator menyebabkan data dukung yang diberikan tidak sesuai atau tidak relevan.

“Karena ketidakpahaman itu, pemberian data dukung yang dibutuhkan tidak sesuai yang diharapkan, tidak pas lah dan tidak relevan dengan apa yang diharapkan,” tutup Ugi.

Rakor ini melibatkan narasumber dari Kemenpan-RB serta instansi terkait seperti Bapppeda, BPSDM, Biro Organisasi, Biro Hukum,Dinas Perhubungan, Biro Pengadaan, dan Inspektorat.

Pewarta : Anie

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI