Bapppeda Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD 2024

Penjagub Hamka Hendra Noer foto bersama usai membuka forum konsultasi publik RKPD 2024 di Hotel Aston, Kota Gorontalo (2/3/2023). Ada sejumlah isu strategis yang dibahas untuk menjadi target pembangunan tahun depan. (FOTO: Isam – Diskominfotik).

GORONTALO, Diskominfotik – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo menggelar Forum Konsultasi Publik untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024. Acara yang dihadiri Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer itu berlangsung di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Kamis (2/3/2023).

Sedikitnya ada tujuh pokok pembangunan tahun 2024 yakni peningkatan ekonomi daerah, pengembangan wilayah dan pedesaan, peningkatan sumber daya manusia serta peningkatan kebudayaan dan agama. Ada juga peningkatan infrastruktur dasar dan strategis, peningkatan lingkungan hidup dan kebencanaan serta peningkatan tata kelola pemerintahan, ketertiban, keamanan dan demokrasi.

Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo Sofyan Ibrahim menjelaskan, ada sejumlah isu strategis yang diangkat dalam forum tersebut. Masalah efektivitas tata kelola sumber daya ekonomi, transformasi struktural yang berjalan lambat serta pengembangan wilayah untuk pengutangan kesenjangan.

“Berikutnya menyangkut Indeks Pembangunan Manusia. IPM Gorontalo selama dua dekade ini mengalami peningkatan meskipun cenderung kecil. Tahun 2022 mengalami peningkatan 0,81 persen menjadi 69,81 persen dari tahun sebelumnya. Angka ini masih jauh dari rata rata nasional 72,91 persen,” kata Sofyan.

Masalah perlindungan sosial dan kemiskinan juga turut diangkat dalam forum. Ada juga isu optimalisasi pelestarian budaya, pemantapan infrastruktur serta deplesi sumber daya alam dan degradasi lingkungan hidup.

“Capaian indeks reformasi birokrasi pada tahun 2021 sebesar 63,90 perlu terus didorong hingga maksimal,” imbuhnya.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menekankan tentang arahan presiden. Beberapa target nasional harus bisa dijabarkan pada RKPD 2024. Di antaranya menjaga stabilitas inflasi, menurunkan angka tengkes dan penurunan angka kemiskinan ekstrem hingga 0 persen tahun 2024.

Pewarta: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI