Dorong Pengembangan Sideka-NG, Kadis Kominfotik Temui Direktur LAIP

Kadis Kominfotik Pemprov Gorontalo dan jajaran bertemu dengan Direktur LAIP Kemkominfo RI Bambang Dwi Anggono di Jakarta, Kamis (23/2/2023). Pertemuan itu membahas pengembangan aplikasi Sideka-NG yang menjadi alat digitalisasi pelayanan utama di tingkat desa sebagai bagian dari program Gorontalo Digital. (FOTO: Mila – Diskominfotik).

JAKARTA, Diskominfotik – Dalam rangka mendorong pengembangan aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan – New Generation (Sideka-NG), Kepala Dinas Kominfo dan Statistik (Diskominfotik) Pemprov Gorontalo Rifli Katili bertemu dengan Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) Bambang Dwi Anggono di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Pengembangan aplikasi Sideka-NG dinilai penting bagi Gorontalo karena menjadi alat digitalisasi pelayanan utama di tingkat desa. Melalui program Gorontalo Digital (Godigi) tahun 2022, Diskomintik menjadikan 22 desa sebagai proyek percontohan penggunaan Sineka-NG.

“Alhamdulillah pertemuan dengan Pak Direktur hari ini berlangsung santai namun serius. Kami sebelumnya mengevaluasi program Godigi dan menghasilkan beberapa rekomendasi, termasuk pengembangan Sideka-NG yang dikembangkan oleh Kemkominfo,” kata Rifli usai pertemuan.

Lebih lanjut Rifli menjelaskan, Sideka-NG masih butuh pengembangan dalam hal fitur informasi dan layanan. Contohnya belum terintegrasinya data kependudukan dengan aplikasi.

“Sehingga meskipun pelayanannya sudah digital tetapi warga masih harus ke kantor desa untuk keabsahan data penduduk. Nah itu yang coba kita beri masukan ke Pak Direktur,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Direktur LAIP menyambut baik usulan pemprov untuk pengembangan Sideka-NG. Saat ini pihaknya sedang berupaya agar Sideka-NG menjadi aplikasi umum. Empat aplikasi lain yakni Profil Desa Kelurahan (Prodeskel), Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), Sistem Informasi Desa (SID) dan Desa Wisata Nusantara (DWN) bisa diintegrasikan ke dalam aplikasi Sideka-NG.

Pewarta: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI