BPR Prisma Dana Siap Berkontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo 

Penjagub Hamka Hendra Noer saay menandatangani prasasti peresmian Bank BPR Prisma Dana yang telah hadir di Provinsi Gorontalo berlokasi di Jl. MT Haryono, Kelurahan Biawao, Kota Selatan, Kota Gorontalo, Sabtu (3/12/2022). Foto – Fikri

Kota Gorontalo, Kominfotik – Bank BPR Prisma Dana telah resmi hadir di Provinsi Gorontalo. Bank yang berdiri sejak tahun 2006 ini, siap memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan maupun pertumbuhan ekonomi di daerah.

Hal ini menjadi komitmen bersama antara Owner PT BPR Prisma Dana Jopie Lumintang, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan Wali Kota/Bupati se kabupaten/kota, pada pengresmian Kantor BPR Prisma Dana Gorontalo yang belokasi di Jl. MT Haryono, Kelurahan Biawao, Kota Selatan, Kota Gorontalo, Sabtu (3/12/2022).

Penjagub Hamka dalam sambutannya menyampaikan, sudah beberapa kali menerima kunjungan Bank BPR Prisma Dana agar bisa hadir di Provinsi Gorontalo. Namun sebelum menyetujui kerjasama tersebut, Hamka terlebih dahulu melihat peluang apa yang dijanjikan oleh BPR Prisma Dana. Menurut Hamka segala sesuatu yang akan dikerjasamakan harus bisa memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi di derah.

“Saya mencari apa dasarnya untuk dibuka di Gorontalo. Ternyata tadi oleh pak Jopie (owner BPR Prisma Dana) sudah di jawab, karena kami di Gorontalo ini dari aspek pertumbuhan ekonomi sangat fleksibel. Dengan alasan ini tentu kami harus mendukung kehadiran bank prisma dana,” kata Hamka

Hamka mengemukakan bersama bupati/wali kota, Gorontalo telah banyak mendapatkan apresiasi dalam hal menjaga pertumbuhan ekonomi dari pemerintah pusat. Serta telah mendapatkan apresiasi menjaga tingkat inflasi di daerah. Olehnya, kehadiran Bank Prisma Dana diharapkan mampu menggerakan ekonomi lokal utamanya UMKM.

“Oleh sebab itu kami atas nama pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota menyambut baik hadirnya Bank Prisma Dana ini. Mudah – mudahan kita bisa terus berkolaborasi dan bersinergi di sektor ekonomi. Bank Prisma Dana bisa membantu, dan kami pemerintah akan memberikan kemudahan,” ujarnya.

Sementara itu dari sisi perbankan, Deputi Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan yang mewakili Kepala OJK wilayah Sulutenggo-Maluku, Yan Iswara Rosya menyebutkan, pertumbuhan perbankan di Gorontalo positif. Pada year on year (yoy) Oktober 2022, aset perbankan tumbuh sebesar 10,08 persen, aset kredit tumbuh 7,9 persen dan dana pihak ketiga tumbuh 6,8 persen. Total aset berbankan di Gorontalo 17,6 triliyun.

Sementara secara survei literasi keuangan nasional yang dikeluarkan OJK pada bulan oktober 2022, Gorontalo secara angka menduduki posisi nomor satu, di banding tiga wilayah (Manado, Palu, Maluku) yang OJK awasi.

“Tentu ini luar biasa signifikan, baik itu inklusi maupun literasinya. Untuk inklusi secara nasional saja surveinya hanya 85,01 persen. sentara Gorontalo mencapai 88,58 persen. Ini survey kita lakukan setiap tiga tahunan oleh OJK. Ini luar biasa pak gubernur,pak wali kota, tapi tentu saja masih banyak PR kita,” tutur Iswara

Produk – produk yang ditawarkan BPR Prisma Dana antara lain produk kredit terdiri dari kredit usaha, kredit konsumtif dan kredit multiguna. Ada pula tabungan dan deposito.

Bank BPR Prisma Dana sendiri merupakan merger tiga BPR masing-masing BPR Maudit Waya di Airmadidi, BPR Tomou Tou di Tomohon dan BPR Tolutug Naton di Kotamobagu. Saat ini BPR prisma dana memiliki kantor pusat di jalan Piere Tendean, Manado, Sulawesi Utara.

Pewarta : Echin

Editor : Isam

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI