Perjuangkan Terminal Tipe B, Pemprov Gorontalo Studi Tiru Terminal Tangkoko

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer bersama pimpinan OPD mengunjungi terminal Tangkoko Bitung Tipe A, yang menyajikan “Terminal Serasa Bandara”, Jumat (21/7/2022) . (Foto: Salman)

Bitung, Kominfotik – Dalam rangka memantapkan pembangunan infrastruktur, Pemerintah Provinsi Gorontalo tengah menperjuangkan pembangunan terminal tipe B. Guna mendukung hal tersebut, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer didampingi Kepala Dinas Perhubungan Jamal Nganro, menggelar studi tiru melihat dari dekat terminal Tangkoko Bitung Tipe A, yang menyajikan “Terminal Serasa Bandara”, Jumat (21/7/2022) .

“Karena memang Provinsi Gorontalo salah satu provinsi di Indonesia yang belum memiliki terminal tipe B. Oleh karenanya pak gubernur meminta agar Gorontalo segera memiliki terminal type B ini. Hari ini kami melihat langsung terminal Tangkoko Bitung yang memang bagus. Dari sini kita belajar memperkaya dan menyempurnakan desain, agar desain terminal kita nanti betul – betul bisa maksimal,” kata Jamal usai peninjauan

Saat ini lanjut Jamal, Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo telah selesai membuat desain perampungan untuk terminal tipe B yang akan dibangun di Limboto. Rencananya terminal ini akan diintergrasikan dengan pasar modern yang sedang dibangun oleh Pemda Kabupaten Gorontalo di lokasi yang sama.

“Dan kita merasa unggul disitu, karena terminal tipe B ini akan terintegrasi dengan pasar modern. Jadi karena kita masih dalam tahap pembangunan diusahakan lebih bagus dari yang kita lihat tadi. Rencananya di 2023 bisa dimulai pekerjaannya,” tambahnya.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer (kemeja putih) didampingi istri drg. Gamaria Monoarfa, Danrem 133 NWB dan beberapa pimpinan OPD, dijamu oleh Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar di ruang kerjanya di Kantor Wali Kota. (Foto: Salman)

Di tempat yang sama Penjagub Hamka menyampaikan, Terminal Tangkoko memang layak untuk ditiru karena modelnya mirip terminal di Bandara. Meskipun terminal Tangkoko adalah tipe A dan Gorontalo masih rencanan pembangunan terminal dengan tipe B, tapi yang perlu dilihat adalah hospitalitynya dan penggunaannya.

“Secara teknis kita sudah lihat ini sangat bagus terminalnya. Kita memang baru akan membangun yang tipe B, tapi kita lihat adalah dari segi fasilitas dan pelayanannya yang dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat, itu intinya,” beber Hamka

Terminal Tipe A Tangkoko dilengkapi dengan
ruang tunggu dengan pendingin udara, tenant makanan dan penjual usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ada juga Ruang kesehatan dan laktasi, fasilitas difabel, ATM gallery, mesin antrian, mesin survey kepuasan masyarakat, free wifi dan port charger, voice direction/announcement, dan fasilitas protokol kesehatan.

Usai meninjau lokasi Terminal, Penjagub Hamka yang juga didampingi istri drg. Gamaria Monoarfa, Danrem 133 NWB dan beberapa pimpinan OPD, dijamu oleh Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar di ruang kerjanya di Kantor Wali Kota.

Kunjungan kerja penjagub Hamka di Kota Bitung bersama rombongan,  di akhiri dengan mengunjungi Pelabuhan Pelindo Wilayah IV Bitung.

Pewarta: Echyn

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI