PPKM Mikro di Gorontalo Dimulai, Gubernur Tetap Ingatkan Vaksinasi

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi istri Idah Syahidah, Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi untuk Lansia yang ada di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato, Selasa (1/6/2021). Pelaksanaan vaksinasi ini berbarengan dengan dicanangkannya kegiatan PPKM Mikro di Kabupaten Pohuwato. (Foto – Salman)

Pohuwato, Kominfo – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro mulai diberlakukan di Provinsi Gorontalo pada hari ini, Selasa (1/6/2021). Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta agar PPKM ini dilaksanakan sebaik-baiknya. Lebih dari itu, Rusli juga mengingatkan tentang pelaksanaan vaksinasi.

“Hari ini dimulai PPKM untuk wilayah Provinsi Gorontalo, saya mewakili pemerintah untuk mencanangkan di Kabupaten Pohuwato Kecamatan Paguat. Dan ingat pembatasan mikro ini berarti prokes dari tingkat RT/RW kita perketat, 3T juga yakni Testing (Pemeriksaan dini), Tracing (Pelacakan), dan Treatment (Perawatan), serta vaksinasi,” kata Rusli.

Rusli menjelaskan saat ini penyaluran vaksinasi sudah tidak melalui Pemprov Gorontalo. Melainkan langsung dari laboratorium Kimia Farma.

“Tapi untuk jatah Pohuwato dan Kabupaten Boalemo sudah kami kirimkan. Kenapa tetap harus divaksin? Agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga untuk menolak virus ini. Tapi bukan berarti sudah divaksin maka tidak prokes lagi, tetap ingat pesan ibu 3 M,” tegasnya.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga, dari jumlah penduduk Pohuwato kurang lebih 146.430 jiwa, yang telah divaksinasi untuk pelayanan publik sebanyak 6.926 orang atau 98,94 persen dari total target 7.000 orang. Sementara sasaran untuk masyarakat umum berjumlah 101.241 jiwa, terealisasi baru 62 orang atau 0,06 persen termasuk didalamnya adalah lansia.

“Ini yang akan kita maksimalkan, bertepatan dengan kegiatan yang sudah dicanangkan hari ini tentang pelaksanaan PPKM Mikro, semua akan kita maksimalkan di situ pak gubernur,” ungkap bupati.

Pada pelaksanaan pencanangan PPKM Mikro di Pohuwato, ada 20 orang lansia yang hadir yang siap divaksinasi. Kehadiran Gubernur bersama istri di Kabupaten Pohuwato disambut Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga dan Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa.

Pemda Pohuwato telah menyiapkan 30 Posko PPKM Mikro yang tersebar di 101 desa dan tiga kelurahan. Di tiap posko disediakan peralatan tes covid-19, masker, dan obat-obatan.

Pewarta : Echin

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI