Kabar Baik! Gorontalo Bakal Periksa Sendiri Spesimen Covid-19

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberikan keterangan pers bertempat di Dinas Kesehatan, Senin (13/4/2020). Pihaknya memastikan akan memanfaatkan fasilitas laboratorium BPOM Gorontalo untuk pemeriksaan PCR spesimen virus corona. (Foto: Salman-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memastikan pemerintah akan melakukan pemeriksaan spesimen virus corona atau covid-19 secara mandiri. Hal itu diharapkan bisa mempercepat deteksi penyebaran virus corona di daerah.

“Kita akan manfaatkan laboratorium BPOM untuk tes PCR. Sudah keluar izinnya, insyaallah satu dua hari ini sudah bisa dimanfaatkan,” ujar Gubernur Rusli, Senin (13/4/2020).

Menurut Rusli, fasilitas lab dan tenaga medis di BPOM sudah cukup baik. Tinggal beberapa fasilitas gedung yang perlu dilakukan pembenahan. Pemprov Gorontalo siap membantu untuk percepatan perbaikan fasilitas tersebut.

“Tenaga operatornya juga sudah siap. Cuma ada ruangan kurang lebih Rp800 juta kita benahi ruangannya dan ada alat-alat yang lain. Fasilitasnya bisa memeriksa 100 spesimen setiap hari,” imbuhnya.

Tes PCR atau Polymerase Chain Reaction merupakan uji laboratorium spesimen untuk memastikan seseorang positif corona atau tidak. Selama ini, pemerintah provinsi masih mengandalkan laboratorium di Makassar untuk test PCR atau swab test.

Beberapa kendala yang dihadapi yakni hanya ada dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan City Link yang bisa digunakan untuk pengiriman sampel. Penerbangan ke Makassar yang tidak sering akibat dampak corona juga menjadi hambatan tersendiri.

Gubernur Rusli menyebut saat ini sudah ada 78 sampel yang dikirim ke Makassar. Hasilnya 46 negatif, satu positif dan sisanya 31 masih menunggu untuk diperiksa.

Pewarta: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI