PUPR Lakukan Pemeliharaan Bendungan Pilohayanga

Pemeliharaan rutin ini merupakan komitmen pemerintah Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat, terutama petani di 3 daerah yang dialiri sungai tersebut.

“Ini adalah kegiatan rutin, mengoptimalkan layanan pengairan kepada petani pada tiap areal persawahan, baik itu untuk pengolahan maupun pertumbuhan padi,” kata Iswan Ekie, Kepala Kantor DP-01 di ruang kerjanya, Kamis (20/2/2020).

Iswan juga menjelaskan pemeliharan yang mereka lakukan di irigasi Pilohayanga meliputi pengangkatan sampah di badan sungai yang menghambat aliran air dan pengaturan pembukaan sejumlah pintu air oleh Petugas Pintu Air (PPA).

“Dalam beberapa hari terakhir ini kami membersikan sampah yang  ada di Mercu Bendung atau bangunan yang tertinggi di bagian bendungan yang merupakan aliran kritis, kami juga memberikan pelumas pada pintu air oleh juru pengairan dan penjaga bending,” jelas Iswan.

Sampah di Bendungan Pilohayanga dan sejumlah saluran skundernya ini sangat mengganggu proses distribusi pengairan, Iswan Ekie berharap masyarakat tidak membuang sampah di sungai dan saluran air.

Pewarta : PPID Dinas PUPR

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI