Capaian Radio Suara Rakyat Hulondalo Signifikan di 2019

Suasana Rapat Evaluasi akhir tahun 2019, LPPL radio Suara RH di Domestique Cafe Kota Gorontalo, Kamis (26/12/2019). (Foto : Nova – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Pencapaian Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Rakyat Hulontalo (RH) mengalami kenaikan signifikan di tahun 2019, jika dibandingkan dengan pencapaian pada tahun-tahun sebelumnya. Pencapaian tersebut diukur dari banyaknya jumlah berita dan program yang dihasilkan oleh beberapa bagian yang ada dalam struktur organisasi Radio Suara RH.

Bagian produksi telah menghasilkan 180 audio. Di bidang pemberitaan, tim reporter telah menghasilkan 1270 dan 1241 isu yang diklasifikasikan dalam delapan program unggulan pemerintah provinsi gorontalo. Sementara itu, produk siaran langsung kegiatan pimpinan telah melakukan 87 kali siaran langsung.

Hal tersebut terungkap dalam rapat evaluasi akhir tahun 2019 yang dipimpin oleh Plt. Kepala Biro Humas dan Protokol Masran Rauf, di Domestique Café Gorontalo, Kamis (26/12/2019). Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bagian Humas yang juga sebagai Direktur LPPL Radio Suara RH, Nikson Entengo memaparkan berbagai capaian yang telah diraih.

“Sepanjang tahun 2019, jumlah berita yang telah dihasilkan dan disiarkan oleh tim reporter mencapai 1270 berdasarkan narasumber berita yakni dari pimpinan (gubernur, wakil gubernur, sekretaris daerah) serta organisasi perangkat daerah (opd), kabupaten/kota dan lain-lain. Sedangkan dari segi isu berita, total keseluruhan isu yang diangkat selama tahun 2019 mencapai 1241 isu yang diklasifikasikan dalam delapan program unggulan pemerintah provinsi gorontalo,” papar Nikson.

Ditempat yang sama, Fatra Dano Putri selaku Kasubag Penjaringan dan Penyiaran Informasi sekaligus Kepala Stasiun Radio Suara RH mengungkapkan, dengan bergantinya tagline radio yaitu “Portal Informasi Dan Hiburan” menjadikan program radio di tahun 2019 sarat dengan penyajian informasi yang lebih variatif. Beberapa program baru seperti Etalase dan Yang Muda Yang Bicara (YMYB) menjadikan program siaran lebih condong ke informasi dan pelayanan publik.

“Program etalase ini adalah ruang bagi pendengar untuk menyampaikan keluhan, kritik dan sarannya terkait pelayanan publik ataupun program pemerintah sebagai aspirasi yang harus didengarkan agar bisa diperbaiki oleh pemerintah kedepannya. Sebagai program yang baru dijalankan pada tahun 2019, etalase sudah mendapatkan banyak respon dari pendengar Sedangkan untuk program yang muda yang bicara adalah program dialog interaktif bersama anak-anak muda berprestasi ataupun komunitas, organisasi dan lembaga-lembaga yang dapat memotivasi anak muda milenial untuk selalu berkarya,” ungkap Fatra.

Di tahun 2020 rencana program Radio Suara RH lebih difokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selanjutnya, Radio Suara RH juga akan melakukan pengembangan jangkauan radio melalui konvergensi publikasi.

“Selain peningkatan kualitas SDM, pengembangan konvergensi publikasi kedepan akan dilakukan dengan pembuatan website Radio Suara RH, dimana saat ini, website telah menjadi media yang representatif dalam menyebarkan informasi dan publikasi program siaran. Tujuannya adalah untuk menarik minat generasi melek teknologi dan menumbuhkan kembali kecintaan mereka dalam mendengarkan radio lewat cara yang lebih masa kini. Tidak hanya fasilitas streaming, namun website radio juga akan berisi tentang promo siaran yang akan dan sedang berlangsung sehingga bisa menjadi ajang publikasi yang tepat dan lebih luas lagi dari jangkauan frekuensi,” tambah Fatra.

Di akhir rapat tersebut, Direktur Utama LPPL Radio Suara RH, Masran Rauf mengharapkan, ditahun 2020 nanti jumlah dan kualitas pemberitaan terus meningkat. Sehingga prestasi yang telah diraih ditahun-tahun sebelumnya dapat terus dipertahankan.

“Radio Suara RH juga nanti akan memiliki kantor dan ruang siar baru. Tentu saya harapkan prestasi di dua tahun terakhir dapat meningkat di 2020 nanti,” tutup Masran.

Pewarta : Gina/Nova

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI