Kepala BPS Ajak Masyarakat Gorontalo Sukseskan SP 2020

Kepala BPS RI Suhariyanto (kanan), memberikan arahan pada ramah tamah bersama jajaran Pemprov Gorontalo di aula rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, Rabu (9/10/2019). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia mengajak pemerintah dan seluruh masyarakat di Provinsi Gorontalo untuk turut serta berpartisipasi mensukseskan Sensus Penduduk (SP) tahun 2020. Hal itu diutarakannya pada ramah tamah bersama jajaran Pemprov Gorontalo di aula rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, Rabu (9/10/2019).

“Mohon dukungan dari pemerintah dan masyarakat Gorontalo untuk mensukseskan Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2020,” kata Kepala BPS RI Suhariyanto.

Suhariyanto menjelaskan, SP tahun 2020 bertujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan Indonesia yang akan menjadi kunci dalam membuat kebijakan di berbagai bidang. Dikatakannya, dalam pelaksanaan SP tahun 2020 BPS akan bekerja sama dengan seluruh Dinas Kependudukan dan Catatan di seluruh Indonesia.

“Kita bahkan akan menggelar rapat hingga ke tingkat kecamatan dengan menghadirkan para kepala desa agar mereka ikut peduli untuk mensukseskan Sensus Penduduk,” ujarnya.

Satu hal yang akan menjadi penekanan dalam SP tahun 2020 yaitu menyangkut penduduk usia lanjut. Suhariyanto menjelaskan, pembahasan tentang kependudukan saat ini lebih banyak difokuskan pada bonus demografi dan cenderung melupakan penduduk usia lanjut. Padahal menurutnya, penduduk usia lanjut Indonesia pada tahun 2045 diprediksi akan naik sebanyak tiga kali lipat.

“Persoalan ini jarang disentuh. Kalau tidak dibicarakan dari sekarang, kita bisa membayangkan apa yang akan terjadi kalau pada usia tersebut tidak mempunya tabungan serta tidak dalam keadaan sehat walafiat. Pastinya akan menjadi beban yang luar biasa bagi negara,” tutur Suhariyanto.

Pada ramah tamah yang turut dihadiri oleh Ketua Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Gorontalo, Nurinda Rahim, Kepala BPS RI berjanji akan memberikan data terkait peran perempuan dalam mewujudkan visi pembangunan nasional dan daerah.

“Saya meminta kepada BPS Gorontalo untuk memberikan data bukan dalam bentuk tabel-tabel agar mudah dipahami oleh ibu-ibu dalam bentuk infograsif yang enak dilihat dan mudah dimengerti. Harapannya dengan data itu bisa meningkatkan peran wanita dalam mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan,” tutup Suhariyanto.

Hadir pada ramah tamah tersebut Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Kepala Perwakilan BPS Provinsi Gorontalo Herum Fajarwati, Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Deputi Kantor Perwakilan BI Gorontalo Gunawan Purbowo, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI