Wagub Gorontalo : Hidup Sehat Harus Menjadi Budaya Masyarakat

Pelayanan pemeriksaan jantung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Provinsi Gorontalo pada peringatan satu tahun Gorontalo Germas Community di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Minggu (29/9/2019). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengajak seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo untuk membudayakan perilaku hidup sehat. Hal itu diutarakannya pada peringatan satu tahun Gorontalo Germas Community di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Minggu (29/9/2019).

“Hidup sehat itu adalah kebutuhan setiap manusia. Untuk itu perilaku hidup sehat harus menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Wagub Idris Rahim.

Diutarakannya, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan atau perilaku masyarakat yang kurang sehat. Terkait hal itu mantan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo tersebut berharap agar Gorontalo Germas Community bersama Dinas Kesehatan dan seluruh instansi terkait untuk lebih intensif dalam mengkampanyekan dan mensosialisasikan Germas kepada masyarakat.

“Untuk sehat itu dibutuhkan kemandirian masyarakat. Kemandirian itu merupakan bagian dari upaya preventif untuk mencegah terjadinya penyakit. Ini yang harus terus kita sosialisasikan kepada masyarakat,” jelas Idris.

Lebih lanjut Wagub Gorontalo dua periode itu mengungkapkan tantangan jajaran Dinas Kesehatan dan seluruh pemangku kepentingan dalam mengantisipasi meningkatnya penyakit tidak menular di Provinsi Gorontalo. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Daerah (Riskesda) tahun 2018 menunjukkan prevalensi penyakit tidak menular di Provinsi Gorontalo yang mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Riskeda tahun 2013.

Prevalensi kanker dari 1,4 persen di tahun 2013 naik menjadi 1,8 persen pada tahun 2018. Stroke naik dari tujuh persen menjadi 10,9 persen, ginjal kronik naik dari dua persen menjadi 3,8 persen, diabetes melitus naik dari 6,9 persen menjadi 8,5 persen, serta hipertensi naik menjadi 34,1 persen.

“Ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua. Saya berharap Gorontalo Germas Community menjadi garda terdepan dalam mengajak masyarakat hidup sehat di antaranya melalui olahraga dan pola makan yang sehat dan tepat gizi,” tandas Wagub Idris Rahim.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI