Wagub Canangkan Gorontalo Karnaval Karawo 2019

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (ketiga kanan) melepas balon udara menandai pencanangan rangkaian kegiatan Gorontalo Karnaval Karawo 2019 di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Minggu (29/9/2019). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO,  Humas –  Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mencanangkan Gorontalo Karnaval Karawo tahun 2019 yang dirangkaikan dengan peringatan satu tahun Gorontalo Germas Community di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Minggu (29/9/2019). Pencanangan ditandai dengan pelepasan balon dan pemotongan tumpeng oleh Wagub Idris Rahim didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba dan Kepala Dinas Pariwisata Rifli Katili.

“Gorontalo Karnaval Karawo merupakan satu dari 100 destinasi wisata yang masuk dalam Calender of Event Wonderful Indonesia. Tahun ini adalah yang kesembilan kalinya Festival Karawo dilaksanakan oleh Pemprov Gorontalo bekerja sama dengan Kantor Perwakilan BI Gorontalo,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

Idris mengungkapkan, penyelenggaraan Gorontalo Karnal Karawo telah terbukti mampu mempromosikan Karawo sebagai sulaman khas Gorontalo ke tingkat nasional bahkan hingga ke dunia internasional. Pada tahun 2017, Kantor Perwakilan BI Gorontalo mengikutkan Rumah Karawo sebagai salah satu UMKM binaan BI pada New York Fashion Week dan Indonesia Fashion Week. Selanjutnya pada tahun 2018, Karawo menjadi salah satu busana wajib yang dikenakan oleh panitia dan peserta IMF World Bank Annual Meeting 2018 di Nusa Dua Bali.

“Ini menunjukkan Karawo semakin mendunia. Hal yang paling utama saat ini kita harus berupaya agar harga Karawo itu disesuaikan dengan tingkat kerumitannya. Kebiasaan masyarakat pada umumnya membeli karawo dengan harga rendah, makanya pengrajin kita tidak berkembang,” ujarnya.

Pada pencanangan tersebut juga diluncurkan Nada Sambung Pribadi (NSP) Song of Karawo oleh Telkomsel Gorontalo. Festival Karawo 2019 akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 6 Oktober 2019. Sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dihelat selama Festival Karawo 2019, yaitu pelatihan desain motif Karawo, penampilan desain pakaian Karawo, lomba mengiris, mengikat, dan menyulam Karawo, pameran kuliner khas Gorontalo, Forum Pariwisata Sulawesi, serta Gorontalo Karnaval Karawo.

Pewarta : Ecin/Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI