Brigade Alsintan Gorontalo Terus mendapatkan Kunjungan Studi Banding

Gorontalo, Distan- Belum Sebulan ini Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Mendapat Kunjungan Studi Banding Ke Brigade Alsintan Provinsi Gorontalo oleh Dinas Pertanian Kab.Minahasa Tenggara.

Kali ini Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo kembali meneriman kunjungan Studi Banding yang di lakukan oleh Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Manado ke Brigade Alsintan Gorontalo

Studi banding Dinas Pertanian Kelautan dan perikanan Kota Manado di sambut langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Mulyadi D Mario, di Ruang Rapat Distan Gorontalo, Jumat (30/08/2019) yang di hadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Manado M. Nainggolan,SH,Aj, Ak. beserta staff dan jajaranya.

Kadis Pertanian Prov Gorontalo, Mulyadi mengatakan Terbentuknya Brigade Alsintan ini berawal dari Tahun 2014, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melihat di beberapa tempat di Provinsi Gorontalo Alsintan banyak yang tidak terpakai atau dalam keadaan rusak.

Salah satu faktor juga terbentuknya Alsintan Gorontalo ini di karenakan rasa kepemilikan dari penerima bantuan Alsintan baik itu kelompok tani maupun perorangan dan sulitnya untuk meminjam Alsintan.

“Maka dari itu kami melakukan Evaluasi kembali tentang perbaikan metode peminjaman Alsintan dengan membentuk Brigade Alsintan yang di kontrol dan di kelola langsung oleh Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, dan Juga berkoordinasi dengan Badan Keuangan tentang penganggarannya karena biaya yang diperlukan tidak sedikit”, Ungkapnya.

Suatu kebanggan tersendiri bagi kami atas kunjungan studi banding ini karena Sudah banyak yang melakukan Studi Banding ke Brigade alsintan, ujar Mulyadi.

Usai pertemuan di ruang rapat distan Provinsi Gorontalo kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Brigade Alsintan, tujuan mengunjungi brigade alsintan ini untuk melihat proses kegiatan serta meninjau ketersediaan alat mesin pertanian di Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Manado sangat mengapresiasi baik tentang pengelolaan Alsintan di Provinsi Gorontalo ,karena Pemerintah Provinsi Gorontalo sangat concern untuk melayani petani khususnya dalam penyediaan pelayanan alsintan melalui peminjaman gratis kepada petani.

Untuk memperkuat brigade alsintan Provinsi Gorontalo, Pemerintah melakukan intervensi biaya pemeliharaan alsintan melalui dana Apbd provinsi gorontalo untuk biaya pemeliharaan serta Kerusakan.

Kedepannya kami akan mencoba bagaimana pengelolaan alsintan seperti di Provinsi Gorontalo, dan akan berkoordinasi dengan Gunernur Sulut dalam membentuk Brigade Alsintan di Manado Seperti di Provinsi Gorontalo, karena dalam perawatan dan pemeliharaannya memerlukan anggaran yang cukup besar. Ujar M.Nainggolan, kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Manado

Pewarta : Oman Moningka PPID_Distan

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI