Perkuat Keamanan Laut Gorontalo, Lantamal Ketambahan Satu Kapal Patroli

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo,, Darda Daraba, (tengah) dan Komandan Lanal Gorontalo, Letkol Laut (P) Tonny Sundah, (kanan) hadir bersama pada rapat persiapan penyambutan kedatangan Kapal Angkatan Laut (KAL) Limboto 1-8-33, di ruang rapat Huyula Kantor Gubernur, Jumat, (29/3/2019). Lantamal Gorontalo akan ketambahan satu kapal patroli jenis KAL KAMLA . (foto : Nova – Humas)

Kota Gorontalo, Humas – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) Gorontalo akan memiliki satu lagi kapal patroli untuk menjaga keamanan laut Gorontalo. Hal ini diungkapkan  Komandan Lanal Gorontalo, Letkol Laut (P) Tonny Sundah, yang hadir bersama Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, pada rapat persiapan penyambutan kedatangan Kapal Angkatan Laut (KAL) Limboto 1-8-33, di ruang rapat Huyula Kantor Gubernur, Jumat, (29/3/2019).

Kapal patroli ini merupakan jenis KAL KAMLA dengan spesifikasi panjang 29m dan lebar 5,85m, memiliki bobot penuh 70 ton dengan kecepatan maksimal 29 knot dan ekonomis 18 knot.

“Penambahan kapal ini dikhususkan untuk keamanan laut sesuai dengan tupoksi dari Lanal itu sendiri, untuk menjaga keamanan laut,” kata Tonny Sundah.

Tonny menjelaskan, sebenarnya acara penyambutan dan pengukuhan kapal ini direncanakan pada 27 Maret lalu, namun, melihat waktu dan situasi yang ada serta padatnya agenda gubernur, akhirnya ditunda  hingga 2 April mendatang.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, mengatakan, Pemprov Gorontalo akan mendukung jalannya kegiatan tersebut, karena ini demi penunjang keamanan laut Gorontalo.

“Saya berharap dengan ketambahan satu kapal patroli ini dapat mengurangi pelanggaran hukum di laut Gorontalo,” harap Darda.

Penyambutan kapal  akan dilaksanakan di dermaga Pelindo IV Gorontalo dan juga dilakukan peninjauan ke KAL Limboto oleh inspektur upacara yang rencananya dipimpin oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Pewarta : Nova

Editor : Asriani

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI