Kemenhub Sosialisasikan Sipencatar 2019 di Gorontalo

Sejumlah siswa membaca brosur kampus BPSMDP Kementerian Perhubungan pada sosialisasi Sipencatar tahun akademik 2019/2020 di gedung Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Jumat (29/3/2019). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas –Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mensosialisasikan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) tahun akademik 2019/2020 di Provinsi Gorontalo. Sosialisasi yang diikuti oleh para kepala sekolah dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat berlangsung di gedung Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Jumat (29/3/2019).

Kepala BPSDMP Kemenhub RI yang diwakili oleh Direktrur Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Rachmat Tjahjanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa sosialisasi Sipencatar bertujuan memberikan informasi kepada para pelajar di Provinsi Gorontalo tentang penerimaan taruna baru tahun akademik di kampus-kampus milik BPSDMP Kemenhub.

“Melalui sosialisasi ini kami berharap agar para pelajar di Gorontalo tidak ragu untuk melanjutkan pendidikan di kampus-kampus BPSDMP Kemenhub untuk meningkatkan kualitas diri dan profesionalisme dalam segi transportasi darat, laut, dan udara, maupun perkeretaapian,” kata Rachmat Tjahjanto.

Rachmat menjelaskan, perekrutan Sipencatar akan dilakukan secara serentak oleh BPSDMP dengan menawarkan pola pembibitan jalur reguler dan mandiri. Penerimaan taruna untuk tahun akademik 2019/2020 masing-masing untuk Program Pendidikan Transportasi Darat dan Perkerataapian, Program Pendidikan Transportasi Laut, serta Program Pendidikan Transportasi Udara.

“Saya ingin adik-adik tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga menjadi pelaku pembangunan dalam segi transportasi melalui pendidikan di BPSDMP Kemenhub,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim berharap melalui sosialisasi tersebut sejalan dengan upaya Pempov Gorontalo dalam meningkatkan sumber daya manusia di sektor perhubungan. Dijelaskannya, sejak tahun 2018 Pemprov Gorontalo telah melakukan perjanjian kerja sama dengan Kemenhub untuk memberikan kuota kepada putra putri Gorontalo mengikuti seleksi penerimaan calon taruna di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dengan pola pembibitan daerah.

“Saya berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para orang tua dan siswa demi masa depan pembangunan di bidang perhubungan di daerah ini,” tandas Wagub Idris Rahim.

Untuk informasi Sipencatar 2019 dapat diakses melalui www.sipencatar.dephub.go.id, Info Kemenhub 151, facebook BPSDMPERHUBUNGAN, twitter BPSDMP151, instagram BPSDMP151, dan youtube BPSDMP151.

 

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI