Wagub Gorontalo Buka Rakortek Penyusunan RKPD 2020

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri), memberikan arahan pada pembukaan Rakortek Perencanaan Pembangunan Daerah dalam rangka penyusunan RKPD Provinsi Gorontalo tahun 2020 di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Rabu (27/3/2019). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, H umas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim membuka rapat koordinasi teknis (rakortek) perencanaan pembangunan daerah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Gorontalo tahun 2020 di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Rabu (27/3/2019).

Dalam sambutannya Wagub Idris Rahim mengatakan, rakortek bertujuan untuk mempertajam program kerja tahun 2020 yang merupakan tahun ketiga dari RPJMD Provinsi Gorontalo tahun 2017-2022, sekaligus mensinkronkan program Pemprov Gorontalo dengan kabupaten/kota.

“Kebijakan fiskal kita sangat kecil, untuk itu diperlukan sinergitas dan sinkronisasi program antara Provinsi dan Kabupaten/Kota. Bukan waktunya lagi kita bekerja sendiri-sendiri, masyarakat di Kabupaten Pohuwato adalah rakyat Provinsi Gorontalo, demikian juga di kabupaten/kota lainnya,” ujar Idris.

Idris menegaskan, penyusunan program kegiatan tahun 2020 harus didasarkan pada kebutuhan daerah dengan mengacu pada data yang akurat dan menggunakan prinsip Money Follow Program. Mengacu pada prinsip tersebut, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus menyusun program berdasarkan skala prioritas.

“Penyusunan program harus disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi daerah, agar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BAPPPEDA) Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, menjelaskan bahwa fokus pembahasan rakortek dibagi dalam empat bagian, yaitu dukungan program dan kegiatan kabupaten/kota terhadap prioritas nasional, dukungan program dan kegiatan kabupaten/kota terhadap prioritas provinsi, pelaksanaan urusan berdasarkan kewenangan, serta usulan kabupaten/kota terhadap program dan kegiatan Provinsi Gorontalo tahun 2020.

Sedangkan untuk prioritas RKPD Provinsi Gorontalo tahun 2020 difokuskan pada delapan program unggulan, yaitu pendidikan yang berkualitas, kesehatan yang prima, infrastruktur lebih merata, ekonomi lebih meningkat, pemerintah yang melayani, agama dan budaya yang semarak, pariwisata yang mendunia, dan lingkungan hidup yang lestari.

“Tema yang kita angkat pada penyusunan RKPD Provinsi Gorontalo tahun 2020 yaitu mendorong pembangunan sosial ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan yang didukung pemerataan infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia dengan prioritas delapan program unggulan,” jelas Budiyanto.

Rakortek yang diikuti oleh peserta dari OPD provinsi dan kabupaten/kota akan berlangsung selama tiga hari, dari 27 hingga 29 Maret 2019.

 

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI