KOTA GORONTALO, Humas – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Gorontalo memperkenalkan branding baru untuk menggenjot destinasi wisata daerah. Branding tersebut resmi diperkenalkan kepada publik hari ini, Kamis (21/2/2019).
Sebelumnya pada Rabu, 20 Februari 2019 kemarin Dispar memperkenalkan branding baru kepada dinas-dinas pariwisata kabupaten/kota bertempat di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Bolameo.
Mengusung kekayaan keragaman hayati dan budaya dipadu etos kerja yang tinggi, Dispar Provinsi Gorontalo menyuguhkan grafis sederhana dan mudah diingat. Empat warna yang menghiasi grafis diambil dari warna adat Gorontalo atau Tilabataila; merah, hijau, ungu dan kuning.
“Grafis utama merupakan turunan burung Julang Sulawesi atau Aceros Cassidix, burung endemik Sulawesi yang masih banyak ditemukan di hutan primer dan sekunder di Gorontalo,” terang Ivon Reane Larekeng, Kabid Pemasaran, Dispar Provinsi Gorontalo sebagaimana dikutip dari Genpi.co.
Di bawah grafis Julang Sulawesi terdapat tulisan, Gorontalo The Heart of Celebes. Sebuah ungkapan yang menegaskan daerah ini sebagai “ibu” dari pulau Sulawesi.
Burung Julang Sulawesi dipilih karena menjadi burung paling cantik dari semua burung rangkong di Indonesia yang berjumlah 13 jenis. Burung ini juga dikenal sebagai pasangan yang setia.
“Dalam kepercayaan masyarakat lokal, burung ini dikenal sebagai burung raja yang perkasa. Burung ini juga dikenal sebagai penolak bala dan memiliki energi positif pada kehidupan alam,” imbuh Ivon.
Dengan sifat-sifat baik dan keunikan inilah, Gorontalo mengambil julang sulawesi sebagai brand pariwisatanya. Brand ini selanjutnya akan menjadi logo resmi pemerintah daerah untuk mendukung salah satu program unggulan yakni pariwisata yang lebih mendunia.
Pewarta: Isam