1200 Kantong Darah per Bulan, Begini Stategi PDDI

Ketua PD-PDDI Provinsi Gorontalo Darda Daraba (tengah) saat memimpin Rapat Pleno Perdana di Ruang Huyula, Kantor Gubernuran, Senin (7/1/2019). Sekretaris Daerah itu menyebut salah satu strategi untuk mengejar target 1.200 kantong darah perbulan yakni dengan melibatkan PNS dan PTT Pemprov Gorontalo. (Foto: Nova-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Pengurus Daerah Penghimpun Donor Darah Indonesia (PD-PDDI) Gorontalo optimis target 1200 kantong darah per bulan bisa diwujudkan. Salah satu strategi yang diterapkan yakni dengan melipatkan PNS dan PTT di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Pegawai kita hampir 10 Ribu orang baik PNS dan PTT, jadi potensi ini bisa kita gali untuk target 2019. Angka itu kita kolaborasi dengan program PDDI pusat yang sasarannya ke sekolah, mahasiswa maupun masyarakat pendonor,” ujar Sekda Darda Daraba pada Rapat Pleno Perdana PD-PDDI Provinsi Gorontalo, Senin (7/1/2019) di ruang Huyula Kantor Gubernur.

Sejauh ini, lanjut katanya, PDDI hanya mampu mengumpulkan 600-700 kantong darah setiap bulan. Selain disumbang oleh relawan donor rutin, instansi pemerintah, swasta dan TNI/Polri juga menggelar aksi dorong pada acara-acara tertentu.

“Perlu ada kesadaran dan kepedulian yang masif bagi aparatur negara terhadap aksi donor darah. OPD kita ada 33, jika setiap bulan 3 OPD rutin berpartisipasi maka hanya bulan 11 bulan agar semuanya bisa mendonor,” imbuhnya.

PDDI juga mengapresiasi langkah Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Gorontalo yang sudah menyiapkan aplikasi online untuk dorong darah. Aplikasi ini cara kerjanya mirip seperti aplikasi transportasi online. Seseorang yang butuh darah akan dihubungkan dengan pendonor terdekat di wilayahnya, lengkap dengan jenis golongan darah yang dibutuhkan.

Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah warga yang membutuhkan darah. Rencananya aplikasi tersebut akan diluncurkan tanggal 23 Januari 2019 mendatang.

Pewarta: Nova

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI